Wujud Transparansi, Desa Sei Hambawang Pasang Baliho APBDes 2019

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Sebagai wujud transparansi terhadap penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD), Desa Sei Hambawang, Kecamatan Sebangau Kuala, Kabupaten Pulang Pisau kembali memasang Baliho APBDes tahun Anggaran 2019.
"Itu sebagai wujud transparan pemerintah desa terhadap publik, khususnya bagi masyarakat Desa Sei Hambawang dalam pengelolaan ADD dan DD," ucap Kades Sei Hambawang, H Ising melalui Sekretaris Desa (Sekdes) desa setempat, Rapani, SSos kepada media ini, Jumat (10/5/2019).
Menurut Rapani, pemasangan baliho tersebut, sudah sesuai dengan anjuran yang diberikan, baik dari DPMD maupun pendamping desa saat bimtek peningkatan kapasitas pemerintahan desa beberapa waktu lalu.
"Semua desa dianjurkan untuk memasang baliho semacam ini, guna membuka keterbukaan terhadap masyarakat tentang penggunaan ADD dan DD itu sendiri," ujanya.
Dipaparkan Rapani, dalam baliho yang sudah dipasang itu, pihaknya mencantumkan semua item seperti sumber pendapatan asli desa (PAD), Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD), penerimaan hasil pajak dan retribusi serta mencantumkan SILPA tahun sebelumnya serta besaran belanja desa tahun ini dimuat dalam baliho tersebut secara terperinci.
"Ya, tujuan kita tadi supaya masyarakat bisa tahu sejauh mana pengelolaan anggaran kita di desa. Ini sebagai wujud transparansi kepada masyarakat," paparnya kembali.
Ditambahkan Rapani, karena APBDes ini sifatnya diperbarui selama setahun, maka setiap tahunnya akan diganti.
"Ini sudah sesuai dengan aturan yang berlaku, memang selama ini tidak ada masyarakat yang menanyakan terkait penggunaan dana desa kita, namun hal ini wajib dituangkan melalui pemasangan baliho dimaksud sebagai wujud transparansi desa kepada masyarakat," pungkasnya.[manan]
loading...
TAG