UPBU Kelas lll Sanggu Laksanakan PPPK

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) Kelas lll Sanggu, Kecamatan Dusun Selatan (Dusel), Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng) melakukan Pelaksanaan Program Padat Karya (PPPK) dalam pembangunan Bandar Udara, Kamis (2/5/2019).
Dasar surat sekretaris cabinet Nomor B-590/Seskab/PMK/11/2017 tanggal 17 November 2017 tentang tindak lanjut arahan Presiden pada rapat terbatas tentang Optimalisasi Lapangan Kerja di Desa tanggal 3 November 2017.
Juga surat edaran Dirjen Perhubungan Udara nomor SE 011 Tahun 2018 tentang padat karya dalam kegiatan pembangunan, pemeliharaan asset di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.
Kepala UPBU Kelas III Sanggu, Agus Priyatmono ST MT mengatakan,
PPPK dalam pembangunan bandar udara ini dilakukan untuk mengoptimalkan dan meningkatkan keterlibatan tenaga kerja lokal (daerah) dalam melaksanakan kegiatan pembangunan.
Pengembangan bandara mengutamakan pemberdayaan tenaga kerja lokal/daerah, terutama untuk kegiatan yang tidak memerlukan keterampilan dan peralatan khusus.
"Ini untuk memupuk rasa kebersamaan, gotong royong, partisipasi masyarakat.   Membangkitkan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat, biar terjadi harmonisasi antara bandara sanggu buntok dengan masyarakat sekitarnya," ucap pria kelahiran Jawa Timur ini.
Kegiatan padat karya ini sudah dilaksanakan secara rutin mulai 2018 dengan macam pekerjaan. Ini bersifat anggaran rutin pekerjaan perawatan, pemeliharaan gedung, pengecatan marka taxiway, apron, runway, perawatan tanggul, drainase dan pekerjaan galian, timbunan kabel.
"Setiap kontraktor pemenang tender selalu kita pesan untuk pekerjaan yang bersifat sederhana dan tidak membutuhkan keahlian khusus untuk dicarikan pekerja lokal," paparnya.
Saat ini PT Banjarindo Teguh juga sudah menjalankan kurang lebih 20 tenaga dari lokal berasal dari Buntok
"Mohon maaf apabila dalam kegiatan ini ada yang kurang berkenan tidak lupa untuk menghadapi bulan puasa bagi umat muslim saya atas nama pribadi dan keluarga besar bandar udara juga mohon maaf lahir batin," tuturnya.
Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Barito Selatan, Kepala Dinas Perhubungan Barsel, Kepala Stasiun BMKG Barsel, Komandan Polisi Militer, Camat Dusun Selatan, Koramil Dusel, Kapolsek Dusel, Direktur PT Banjarindo Teguh, Ketua BPD Desa Sanggup dan Ketua RT setempat.[deni]
loading...
TAG