Sosialisasi Quick Wins, Ini yang Disampaikan Satpolair Kapuas

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS – Sosialisasi Quick Wins Polri giat 6 dalam rangka pembinaan dan penyuluhan revolusi mental pada masyarakat perairan, dengan tema “Pentingnya alat Keselamatan di kapal bagi pengguna transportasi air” digelar Satpolair Polres Kapuas, di Pelabuhan Danau Mare, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, Kamis (9/5/2019).
Kegiatan sosialisasi itu dipimpin oleh KBO Satpolair Polres Kapuas, Iptu Sri Widodo, menghadirkan dua orang narasumber dari Dinas Perhubungan setempat yaitu Mashuri A.Md, yang merupakan pengelola LLASDP. Narasumber lainnya M Hanafiah adalah pengelola keselamatan dan keamanan pelayaran LLASDP.
Sosialisasi juga dijadiri enam personel Satpolair Polres Kapuas,  para pemilik feri penyeberangan, nahkoda, ABK kapal serta masyarakat pesisir sekitar pelabuhan Danau Mare yang  turut hadir.
"Adapun beberapa materi pembinaan dan penyuluhan yang kita sampaikan pada sosialisasi kemarin itu tentang pentingnya alat keselamatan di kapal bagi pengguna transportasi air," Kata Iptu Sri Widodo, Jumat (10/5/2019).
Di antaranya, lanjutnya, yaitu agar setiap kapal melengkapi alat keselamatan seperti life jacket atau jaket pelampung, life bouy atau ban pelampung, serta Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan alat keselamatan lainnya.
"Selain itu pastikan kapal tidak bocor, muatan kapal tidak melebihi kapasitas, pastikan keselamatan penumpang, pada saat berlayar jangan menggunakan helm dan duduk di atas motor pada saat feri penyeberangan berlayar," terangnya.
Dilanjutkan Iptu Sri, apabila kapal sudah penuh jangan memaksakan untuk menambah penumpang dan apabila cuaca buruk/tidak mendukung jangan berlayar demi keselamatan seluruh penumpang.[zulkifli]
loading...
TAG