Revitalisasi KTM, Distran Kapuas Siapkan Lahan Pertanian untuk Warga

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Dinas Transmigrasi (Distran) Kabupaten Kapuas, menyediakan lahan pertanian bagi warga di kawasan unit pemukiman transmigrasi (UPT) di empat desa  yaitu desa Bina Jaya A1, Bina Makmur A2,  Maju Jaya A4 dan Desa Cahaya Baru A5 di Kecamatan Dadahup.
Ini merupakan Program revitalisasi Kota Terpadu Mandiri (KTM) pada bidang pertanian di lahan kawasan transmigrasi, saat ini realisasinya terus dioptimalkan.
"Program revitalisasi KTM sementara ini memang belum berjalan seperti yang diharapkan, tapi kami terus optimalkan," kata Kepala Dinas Transmigrasi Kabupaten Kapuas H Sukiran diwawancarai, Kamis (9/5/2019).
Distran Kapuas kini fokus dengan upaya memungsikan kembali Rice Milling Plant (RMP) atau gudang penggilingan padi berskala besar yang berada di kawasan Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) A2.
"Ya, kita akan segera memfungsikan RMP, karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. Sederhananya, memfungsikan RMP, harus tanam padi," ucap Sukiran.
Permasalahannya, lahan di kawasan tersebut hampir tidak bisa digunakan masyarakat setempat untuk bercocok tanam padi, karena lahan rentan banjir.
"Tanam padi bisa dikatakan spekulasi. Jika banjir, maka gagal," tandasnya.
Maka itu akan dibangun tanggul-tanggul, dengan tata air mikro per 24 hektare lahan, untuk sistem pengelolaan airnya.
Revitalisasi KTM ini, lanjutnya, untuk pertanian seluas 200 hektare di kawasan UPT A1, A2, A4, dan A5 Kecamatan Dadahup.
Sehingga lahan warga dapat digunakan maksimal untuk pertanian. Jika semua berjalan baik, akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat dan menambah produktivitas hasil pertanian.
Nantinya penggarapan lahan akan melibatkan masyarakat setempat dengan sistem bagi hasil. Hasil panen ada, RMP yang sejak 2012 lalu dibangun pemerintah pun bisa difungsikan.
RMP ini memiliki peran penting dalam sistem agribisnis. Kapasitas RMP atau penggilingan padi di sana sampai tiga ton per jam.
"Tentunya perlu target dalam panen padi, agar semua berjalan sesuai harapan," kata Kadistran.
Pihaknya mengharapkan proyek revitalisasi KTM dengan lahan pertanian itu secepatnya terselesaikan, sehingga dapat segera dilakukan penanaman padi, hingga mampu memberdayakan ekonomi bagi masyakat setempat.[zulkifli]
loading...
TAG