Penguatan Karakter, Madrasah di Kapuas Gelar Pesantren Ramadan

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Sejumlah madrasah di Kabupaten Kapuas menjadwalkan pesantren kilat selama Ramadan 1440 H ini. Salah satu maksud kegiatan ini untuk penguatan karakter guna meningkatkan amalan pada bulan Ramadan.
Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kapuas, H Sajarwan mengatakan, pesantren kilat Ramadan nantinya akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti tadarus Alquran, pengajian dan lainya.
"Guna menyemarakkan bulan Ramadan sehingga akan terbentuk pula karakter peserta didik, sebagai insan yang Islami dalam menyongsong abad milenial," kata Sajarwan, melalui sambungan selular, Minggu (5/5/2019).
Menurutnya, Kemenag Kapuas melalui seksi pendidikan madrasah sebelumnya telah menggelar rapat membahas perubahan kalender pendidikan untuk madrasah serta efektifitas pembelajaran dan pengajaran selama Ramadan.
"Untuk itu kepada madrasah negeri yang menjadi induk Kelompok kerja Madrasah (KKM) segera menyampaikan hasil rapat yang sudah disepakati ini kepada madrasah swasta," ucap Sajarwan.
Dilanjutkannya, pesantren kilat ini merupakan suatu kegiatan yang sangat positif untuk dilakukan dalam rangka membentuk karakter Islami pada siswa di madrasah.
Melalui kegiatan pesantren kilat, dapat membina akhlakul karimah di antara para siswa, memperkenalkan kepada siswa untuk menjadikan masjid sebagai wadah mempersatukan umat serta memberikan pendidikan agama islam sejak dini kepada siswa.
"Media penguatan karakter, untuk membentengi akhlak dan moralnya agar tidak terpengaruh pada budaya global yang negatif," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG