Pelapor Minta Tindak Tegas Dugaan Pelanggaran Pemilu

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Dugaan  kecurangan Pemilu terjadi di TPS 01 Desa Bina Mekar, TPS 01 Bina Karya dan TPS 01 Rawa Subur, Kecamatan Kapuas Murung. Ini berdasarkan laporan Ke Bawaslu Kapuas yang disampaikan oleh Karya Yetsi, salah satu Caleg di Dapil IV Kecamatan Kapuas Murung. Pelapor minta pihak terkait menindak tegas pelaku jika terbukti.
"Ini tentunya menjadi perhatian dari KPU apa yang terjadi di level terbawah, baik di PPS, KPPS dan PPK harapan kita ke depan ini agar tidak terulang lagi," harap Yetsi.
Menurutnya, penegak hukum harus bertindak secara profesional dan proporsional ketika ditemukan suatu pelanggaran hukum.
"Harus ditindak sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku disini ada ketidakberesan yang terjadi pada saat penetapan di pleno rekapitulasi," bebernya.
Senada, H Aliansyah Nor dari Parpol PKB juga meminta tindakan tegas pihak berwenang terkait dugaan kecurangan itu.
"Kita minta tindakan tegas, agar pelaku  dipidana bila terbukti, tidak menutup kemungkinan diduga ini ada kerjasama dengan oknum caleg tertentu tidak mungkin 100  persen kehadiran dan tercoblos dominan hanya satu orang saja," pungkas H Aliansyah Nor.
Menindaklanjuti laporan dugaan kecurangan tersebut, KPU Kapuas atas rekomendasi Bawaslu, Sabtu (4/5/2019) membuka kotak suara tiga TPS dimaksud, guna penyelidikan lebih lanjut.
"Ya hari ini kotak suara kita buka, atas rekomendasi Bawaslu," singkat Agus Hilmi, Komisioner KPU Kapuas.[zulkifli]
loading...
TAG