Makanan di Pasar Ramadan Pulpis Diklaim Aman dari Zat Berbahaya

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Dari uji sampel yang dilakukan pihak BPOM Palangka Raya, pada sejumlah makanan di pasar Ramadan dan komplek pasar Patanak Pulang Pisau, semua dinyatakan bebas dari bahan atau zat berbahaya.
Itu disampaikan Pimpinan Tim BPOM Palangka Raya, Zulfadli saat sidak bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau di pasar Ramadan, Rabu (15/5/2019) sore.
"Untuk semua makanan, baik yang di jual di pasar Ramadan maupun di pasar Patanak Pulang Pisau, kita nyatakan aman dikonsumsi masyarakat. Itu setelah kita melihat hasil uji laboratorium," katanya pada kesempatan itu.
Sementara, disampaikan Kepala Dinkes Pulpis, Muliyanto Budihardjo melalui Kasi Kefarmasian, Alkes dan PKRT, Lambang Suncoko, mengatakan bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak BPOM ini, merupakan program yang dilakukan Dinkes Pulang Pisau secara rutin setiap tahunnya pada bulan Ramadan dengan untuk mengecek atau ambil sampel bahan makanan di sejumlah pasar yang ada di Wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng), termasuk di Kabupaten Pulang Pisau.
"Intinya kegiatan sidak kita kemarin itu, untuk memastikan ada atau tidak adanya kandungan bahan berbahaya yang terdapat di sejumlah makanan, baik di lokasi pasar Ramadan maupun di pasar Patanak," kata Lambang kepada media ini, Kamis (16/5/2019).
Selain mengambil sampel di dua lokasi tersebut, tambah Lambang, pihaknya juga melakukan pemeriksaan di sejumlah ruko, guna memastikan tidak ada makanan yang expired alias kedaluwarsa.
"Sidak kemarin itu, ada 28 sampel makanan dan minuman yang kita uji lab, semuanya aman. Baik dari mikroba, zat pewarna kertas maupun textile," tutupnya.[manan]
loading...
TAG