Lantik Anggota BPD, Ini Pesan Bupati Bartim

Print Friendly and PDF
TAMIANG LAYANG - Bupati Barito Timur (Bartim), Ampera AY Mebas melantik sedikitnya 252 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Bartim periode 2019-2025.
Juga dua orang BPD Pengganti Antar Waktu (PAW) masa jabatan 2014-2020. Pelantikan dilakukan, Jumat (3/5/2019) di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Mantawara Kota Tamiang Layang.
Pelantikan dan pengambilan sumpah dan janji BPD ini merujuk pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku, sekaligus memberikan legalitas formal kepada anggota BPD dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai anggota BPD.
Ampera menegaskan, kepada anggota BPD yang sudah dilantik agar dapat memahami dan mengerti apa yang menjadi tugasnya, karena pada hakikatnya sumpah janji tersebut adalah merupakan tanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam mengemban tugas.
"Dengan dilantiknya anggota BPD ini kita perlu memberikan imbauan, agar setiap anggota BPD mematuhi mekanisme atau ketentuan yang berlaku," ucapnya.
Dilanjutkan Ampera, misalkan ada pelanggaran oleh Kepala Desa sebaiknya diberikan teguran oleh anggota BPD, dan bila teguran tersebut tidak diindahkan maka laporkan kepada Bupati.
"Dalam kepengurusannya BPD dan Kepala Desa sendiri memiliki tugas dan fungsi yang berbeda, untuk itu  harus ada jenjang atau tahapan dan hal tersebut sudah diatur dalam tupoksi BPD," imbuhnya.
Orang nomor satu di Bartim ini juga berharap perlunya ada pengawasan dari anggota BPD yang baru saja dilantik dari setiap Desa karena dalam fungsinya BPD itu adalah lembaga kontrol dan pengawasan terhadap kinerja Kepada Desa.
"Walaupun fungsi BPD demikian, anggota BPD bisa bersinergi dengan Pemerintah Desa untuk memacu pembangunan dan meningkatkan kualitas kinerjanya dengan tetap mengacu pada dikoridor atau aturan yang berlaku," tandasnya.[redaksi]
loading...
TAG