Kankemenag Kapuas Tetapkan Zakat Fitrah, Berikut Besarannya...!

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Besaran zakat fitrah untuk lebaran 2019 telah ditetapkan. Penetapan zakat fitrah 1440 Hijriah ini berdasarkan hasil rapat Baznas, MUI, Kemenag, Dinas Perdagangan dan Asisten  Setda Bidang Pembangunan, Senin (22/4/2019) lalu.
"Rapat penetapan ini dilakukan lebih awal agar masyarakat, khusunya umat Islam di Kabupaten Kapuas dapat mengetahui kadar atau ukuran zakat yang akan dikeluarkan sehingga para muzzaki bisa mengeluarkan zakatnya lebih awal," kata H Nurani Sarji, Ketua Baznas Kabupaten Kapuas, Selasa, (7/5/2019).
Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kapuas, H Ahmad Bahruni menyambut positif langkah-langkah yang dilakukan oleh Penyelenggara Syariah dan Baznas Kabupaten Kapuas atas penetapan zakat fitrah lebih awal, yang mana ini tidak seperti tahun-tahun lalu.
"Sebagai Lembaga yang terkait Kemenag Kapuas melalui penyelenggara syariah tentunya dapat menciptakan terobosan baru apalagi yang menyangkut untuk kemaslahatan umat, untuk itu kami mengimbau kepada Muzzaki untuk mengeluarkan zakatnya kepada yang berhak atau menyerahkan kepada Lembaga yang terpercaya yaitu Baznas Kabupaten Kapuas," kata Bahruni.
Terpisah Penyelenggara Syariah Kantor Kemenag Kapuas, H Supriatin menjelaskan, dari hasil rapat penetapan zakat fitrah disepakati 3,5 liter (4 Mud) atau 2,5 kilogram beras per jiwa dengan rincian sesuai harga beras kebiasaan.
Untuk jenis Rojo lele/Pandan Wangi sebesar Rp42.000. Kemudian Siam Mayang Rp39.000, Karang Dukuh/Mutiara/Siam Unus Rp35.000, Siam Lantik Rp32.000, dan Gadabung (IR)/Dulog Rp25.000.
"Kami akan segera memperbanyak edaran penetapan zakat fitrah ini agar masyarakat mendapatkan Informasi terkait hasil penetapan kadar zakat pada tahun ini," ucap Supriatin.
Di tahun ini penetapan zakat fitrah sedikit mengalami perubahan. Ini disebabkan kondisi harga di pasar yang mengalami perubahan harga di beberapa sektor bahan pangan, khususnya harga beras.[zulkifli]
loading...
TAG