Jelang Ramadan, Harga Kebutuhan Pokok di Kapuas Naik

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Menjelang bulan Ramadan, harga sejumlah kebutuhan pokok rumah tangga di Kuala Kapuas mengalami kenaikan. Lonjakan harga paling signifikan pada jenis komoditi bawang putih. Selain itu, harga gula pasir juga mengalami lonjakan harga.
"Harga bawang putih yang paling tinggi kenaikannya, saat ini Rp70 ribu per kilo sebelumnya hanya Rp20 ribu," kata Alfi, salah satu pedagang di pasar tradisional Kapuas, Minggu (5/5/2019).
Harga gula pasir, lanjutnya, sebelumnya Rp11 ribu per kilogram kini menjadi Rp14 ribu per kilogramnya.
"Yang lain juga mengalami kenaikan tapi tidak terlalu banyak naiknya," ungkap Alfi.
Sejumlah bahan pokok yang mengalami kenaikan, lanjutnya, seperti bawang merah, jenis telor ayam dan telor bebek.
"Kenaikan harga terjadi tiga kali dalam sepekan ini, sebelum memasuki bulan puasa," kata Alfi.
Sementara itu, pantauan untuk harga ayam potong pedaging di pasar tradisional Kapuas pada kisaran Rp35 ribu hingga Rp36 ribu per kilogram.
Selain bahan pokok makanan, harga tabung gas elpiji bersubsudi yang dijual di eceran non pangkalan juga mengalami kenaikan.
"Cuma mimpi aja mas bisa beli harga subsidi untuk tabung gas 3 kilo ini, ini harganya Rp35 ribu satu tabung isi ulang," kata Wawan, salah warga di Jalan Barito.
Sementara itu, untuk kenaikan sejumlah bahan pokok ini belum ada penjelasan resmi dari pihak berwenang. Dinas terkait saat dicoba dikonfirmasi belum memberikan tanggapan.[zulkifli]
loading...
TAG