Hot Spot Terpantau di Kapuas, Tim Langsung ke Lokasi

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Berkurangnya curah hujan di wilayah Kecamatan Selat,  Kabupaten Kapuas, diiringi cuaca yang cukup terik, tampak memicu munculnya titik panas.
Hasil pengecekan tim dari Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kapuas, Sabtu (4/5/2019), terdeteksi titik panas di kelurahan Selat Tengah.
Hasil pantauan BPBD Kapuas merinci sumber titik panas atau hot spot terpantau pada koordinat -3.0103276289, 114.3911819459996 dengan tingkat kepercayaan 51 persen (waspada), Satelit  Terra, waktu 02:35 UTC atau 09.35 WIB.
"Upaya yang dilakukan, kita langsung koordinasi dengan TNI, Polri dan Manggala Agni. Kemudian melakukan pemetaan lokasi titik panas," kata Panahatan, Sinaga, Kepala Pelaksana BPBD Kapuas.
Kemudin tim menuju lokasi untuk melakukan pengecekan titik panas (hotspot) tersebut dengan kekuatan personel terdiri TNI 1 orang, Polri 1 orang, Manggala Agni 4 orang  dan TRC BPBD 2 orang. Peralatan digunakan 2 unit Jet Shouter dan 5 unit kendaraan roda dua.
"Dari hasil pengecekan itu, setelah tim sampai di lokasi terpantaunya hotspot di Kelurahan Selat Tengah, tim menemukan kepulan asap bekas sisa kebakaran kecil di lahan pertanian, dan bekas sisa kebakaran kecil tersebut dapat dikendalikan," terang Sinaga.
Deteksi titik panas ini, lanjutnya, salah satu upaya meningkatkan kewaspadaan terkait antisipasi kebakaran hutan dan lahan, di wilayah Kapuas khususnya.[zulkifli]
loading...
TAG