Eliminasi Filariasis, Darah 300 Warga Desa Mantaren I Diperiksa Tim Dinkes

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Sebanyak 300 orang warga Desa Mantaren I, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau ditargetkan mendapat pemeriksaan darah dari Tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).
Pemeriksaan tersebut berlangsung di Sanggar Seni desa setempat pada Senin (27/5/2019) malam, dan dipimpin Noorveliani Rokhaida SKM selaku Ketua Tim dari Dinkes Provinsi Kalteng.
"Kegiatan ini dalam rangka Eliminasi Filariasis (berantas kaki gajah) di Desa Mantaren I. Sedikitnya ada 300 warga yang akan diperiksa darahnya. Pemeriksaan juga dibantu tim Dinkes Pulang Pisau dan Puskesmas Kahayan Hilir," ujar Hery Siswanto, Pj Kades Desa Mantaren I.
Pemeriksaan sendiri, tambah Hery, untuk menentukan sejauh mana tingkat keberhasilan pemberian obat cacing pencegahan kaki gajah (filariasis) yang sudah diberikan sejak tahun 2016 lalu.
"Dengan adanya pemeriksaan ini, saya mewakili seluruh masyarakat Desa Mantaren I mengucapkan terima kasih kepada pihak Dinkes provinsi, Dinkes kabupaten dan Puskesmas Kahayan Hilir dan seluruh pihak terkait lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Semoga target tercapai, dan warga desa kami terbebas dari penyakit kaki gajah," katanya.
Sementara, selain di Desa Mantaren I, juga target sasaran lainnya kepada Desa Mantaren II, Kecamatan Kahayan Hilir, Pulang Pisau.[manan]
loading...
TAG