DPRD Kapuas Bakal Diisi Sejumlah Wajah Baru, Ini Harapan Legislator Petahana

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Meskipun belum ada penetapan nama-nama calon anggota legislatif (caleg) yang terpilih untuk menduduki kursi DPRD Kabupaten Kapuas, Kalteng periode 2019-2024, namun berdasarkan rekapitulasi perolehan suara yang telah diplenokan di tingkat KPU Kabupaten, setidaknya diperoleh gambaran DPRD Kabupaten Kapuas akan diisi wajah-wajah baru, selain nama-nama petahana yang masih bertahan.
Darwandie, legislator petahana yang hampir dipastikan bertahan duduk kembali di DPRD Kapuas menyambut baik kehadiran sejumlah wajah baru di Dewan Kapuas.
Kendati demikian politisi senior PPP ini mengingatkan lagi dalam pemahanan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) anggota DPRD yaitu legislasi, anggaran dan pengawasan.
"Saya hanya mengingatkan kepada kita semua mari kita berangkat dari niat yang tulus dan baik duduk di rumah besar (DPRD) ini," tutur Darwandie, Senin (13/5/2019) di gedung DPRD Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas.
Selain tupoksi yang sudah ditetapkan dalam undang-undang itu, lanjut Darwandie, sejatinya anggota DPRD juga harus menjaga marwah lembaga wakil rakyat itu.
"Menjadi anggota dewan yang nantinya benar-benar menjadi harapan masyarakat, mampu menjadi inisiator," harapnya.
Mampu menginisiasi pola pikir masyarakat, pola pembangunan ke depan dan menjalin kemitraan dengan pemerintah daerah dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
"Di dewan ini kita digaji oleh rakyat untuk berbicara, tidak boleh kita hanya duduk diam. Oleh karenanya berbicarapun harus melalui aturan jangan nanti malah kita berbicara menjadi provokator," tandas Darwandie.
Dilanjutkannya, hal ini dibutuhkan kecerdasan sebagai wakil rakyat yang telah mendapat amanah dan kepercayaan.
"Menjaga marwah ini tentu diperlukan peningkatan sumber daya anggota dewan, sebab anggota dewan itu diberikan hak untuk melakukan peningkatan dan pengkajian ilmu dan lain sebagainya," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG