Dongkrak PAD, Legislator Ini Minta Pemkab Kapuas Maksimalkan Sektor Sarang Walet

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Guna mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD), anggota Komisi II DPRD Kapuas, Suwanto E Sumen meminta kepada Pemkab Kapuas melalui dinas terkait memaksimalkan pendapatan dari potensi sektor sarang burung walet.
Politisi Partai Golkar ini mengatakan, memaksimalkan pendapatan tersebut salah satunya dengan terus memacu penerimaan baik berupa pajak maupun retribusi daerah dari sektor itu.
"Kami mengharapkan, instansi terkait pemerintah daerah dapat terus memacu guna mencapai target pendapatan daerah dari sarang walet yang sudah ditentukan," kata Suwanto, Jumat (3/5/2019).
Menurut Suwanti, dengan maksimalnya pajak usaha budidaya sarang burung walet, maka akan meningkatkan pendapatan. Ini mengingat keberadaan bangunan sarang walet di Kapuas cukup menjamur.
"Karena selama inikan yang kita dengung-dengungkan itu adalah pajak sarang burung walet, makanya pendapatan dari usaha ini harus dikejar karena potensinya sangat besar dan berkembang," tandasnya.
Dilanjutkannya, upaya pemerintah daerah dalam mensosialisasikan peraturan daerah (Perda) yang baru tentang sarang burung walet kepada masyarakat di daerah setempat, perlu didukung.
"Karena kalau kita melihat masyarakat itu apa adanya membangun sarang walet, ada yang di atas rumah dan samping rumah, padahal itu ada ketentuannya," ucapnya.
Untuk itulah dirinya mengharapkan semua pihak dapat bersama-sama berkontribusi dalam membangun daerah.
"Kita harapkan PAD kita semakin meningkat dan Kabupaten Kapuas ini semakin maju," tutup Suwanto.[zulkifli]
loading...
TAG