Darwandie: Ke Depan Dewan Perlu Targetkan Penyelesaian Perda

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Peraturan daerah yang kemudian disebut Perda merupakan salah satu kunci utama berjalannya pemerintahan suatu daerah.
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kapuas, H Darwandie mengatakan, DPRD  ke depannya perlu adanya target penyelesaian Perda.
"Dalam tata tertib dewan yang baru nanti perlu dimasukkan target penyelesaian perda sebagai dasar," kata Darwandie, Jumat (31/5/2019).
Diketahui masa jabatan anggota DPRD Kapuas periode 2014-2019 tinggal beberapa bulan lagi. Pertanyaannya sampai dengan akhir masa periode ini sudah berapa banyak produk Perda yang dihasilkan?.
Menurut Darwandie, sebenarnya 40 hingga 60 persen tugas legislasi pembuatan produk Perda itu bisa saja dilaksanakan. Namun dalam pelaksanaannya tidak runut berdasarkan prolegda atau propemda. Sebab pada perjalanannya ada Perda yang harus diprioritaskan sebab dianggap urgen.
Selain itu propemperda seolah melambat dikarenakan masing-masing institusi tidak memiliki target penyelesaian Perda baik itu lembaga DPRD maupun pihak pemerintah daerah.
Kendati demikian, menurut Politisi PPP ini, setiap produk Perda yang dihasilkan atas kesepakatan DPRD dan pemerintah tidak hanya mengejar target pencapaian kuantitas kebutuhan regulasi.
"Setiap Perda yang dihasilkan harus berkualitas baik aspiratif dan akuntabel untuk dijadikan dasar hukum operasional setiap kebijakan daerah," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG