Diinisiasi Polres Katingan, Multaqo Ulama Hasilkan 7 Rekomendasi

Print Friendly and PDF
KASONGAN - Membentuk dan membangun kembali persatuan dan kesatuan bangsa pada suasana tenang dan damai pasca Pemilu 2019 harus menjadi komitmen bersama warga bangsa Indonesia.
Menyikapi hal tersebut, Kapolres Katingan, AKBP E Dharma B Ginting SH SIK MH menginisiasi acara Multaqo Ulama se-Kabupaten Katingan di aula Bhayangkara Polres Katingan, Kamis (16/5/2019).
Kegiatan ini dihadiri sebanyak 50 undangan yang terdiri dari Ketua Pengadilan Agama, Kepala Kementrian Agama, Ketua MUI, Ketua NU, Ketua Muhammadiyah, Ketua NU Muslimah, Ketua FKUB, Ketua DMI, Ketua LDII, Ketua GP Anshor, Pimpinanan Universitas Muhammadiyah Kasongan, para Ketua Pengurus Mesjid dan Ketua Pengurus Langgar se-Kabupaten Katingan.
Kapolres dalam sambutannya mengatakan, forum Multaqo Ulama dapat mencegah bangsa Indonesia dari perpecahan bangsa Indonesia dan di harapkan rekomendasi yang dihasilkan dalam forum Multaqo Ulama Kabupaten Katingan ini dapat dijadikan referensi bersama dalam menjaga keutuhan NKRI.
Adapun 7 rekomendasi yang dihasilkan dalam acara Multaqo Ulama Kabupaten Katingan, yaitu; Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengajak seluruh umat Islam meningkatkan Ukhuwah Islamiyah, mejalin silahturahmi, menghindari fitnah, perpecahan dan saling memaafkan.
Selanjutnya, mengimbau umat Islam untuk bersama-sama mewujudkan stabilitas keamanan perdamaian dan situasi yang kondusif di Kabupaten Katingan, mengajak seluruh umat Islam menghindari dan menangkal aksi-aksi provokasi dan kekerasan dari pihak yang tidak bertanggung jawab, nentaati peraturan perundang-udangan, mengajak seluruh umat Islam untuk tidak terpancing dalam melakukan aksi-aksi inkonstitusional dan mengajak seluruh umat Islam di Kabupaten Katingan untuk Fastabhiqul Khairat berlomba-lomba dalam kebaikan.
"Rekomendasi Multaqo Ulama Kabupaten Katingan dikeluarkan untuk bersama-sama mewujudkan stabilitas keamanan dan situasi kondusif, mengedepankan persamaan sebagai umat manusia yang saling bersaudara satu sama lain, daripada menonjolkan perbedaan yang kontra produktif selama dan sesudah ramadan sehingga mampu menjalankan ibadah secara khusyu dan penuh berkah," tegas Kapolres.
Dalam Multaqo tersebut juga dilakukan penandatangan bersama rekomendasi dari perwakilan tokoh organisasi Islam, alim ulama yang di saksikan oleh Kapolres Katingan serta peserta Multaqo lainnya dan dilanjutkan dengan deklarasi bersama rekomendasi Multaqo Ulama.[kenedy]
loading...
TAG