Bangun Sinergi dengan BPD, Desa Pemantang Prioritaskan Infrastruktur Jalan

Print Friendly and PDF
SAMPIT - Pembangunan infrastuktur jalan juga menjadi prioritas Desa Pemantang, Kecamatan Mentaya Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur. Ini penting untuk menunjang kelancaran aktivitas dan kesejahteraan masyarakat desa.
Kepala Desa Pemantang, Edi Indra SE temui kabarkalteng.com di ruang kerjanya, Kamis (9/5/2019) mengatakan, untuk 2019 ini pihaknya memprioritaskan pembangunan infrastuktur jalan. Ini untuk menunjang kesejahteraan masyarakat desa, selain pembangunan di bidang pendidikan, agama dan kebudayaan.
"Semua program itu akan kami masukan ke bidang pemberdayaan masyarakat," terang Edi.
Menurutnya, sesuai dengan program pemerintah pusat, pihaknya akan menyelaraskan pembangunan untuk meningkatkan pemberdayaan perekonomian masyarakat terlebih dahulu.
"Jadi walaupun pembangunan infrastrukturnya kuat namun tak didukung pembangunan kesejahteraan masyarakat, maka pembangunan perekonomian masyarakat tidak akan bisa tercapai sesuai dengan perencanaan," jelasnya.
Selain beberapa program pembangunan tersebut, Desa Pemantang juga menggiatkan pembangunan sebagai desa budaya. Ini juga penting untuk mempertahankan kearifan lokal suku dayak.
"Tentunya kami juga mengharapkan keterlibatan semua pihak, termasuk pihak ketiga, dalam hal ini perusahaan kelapa sawit yang berada di wilayah desa kami, melalui program CSR melalui usulan masyarakat Desa Pemantang," harap Edi.
Sementara itu, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Robiansyah menjelaskan, pihaknya selalu bersinergi dengan pihak desa untuk mempercepat pembangunan di desa mereka.
Terkait program plasma dari perusahaan sawit, Robi mengungkapkan, sejak 2006 hingga sekarang belum pernah terealisasi masalah program plasma untuk masyarakat.
Selain program plasma diharapkan cepat terealisasi di 2019 ini, Edi juga ingin agar dana desa dari pemerintah pusat bisa segera mengucur, sehingga perencanaan pembangunan Desa Pemantang dapat segera dilaksanakan.[tomi]
loading...
TAG