Bagarakan Sahur Unik Warnai Sahur di Bangkuang

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Tradisi bagarakan sahur atau membangunkan orang untuk melaksanakan makan sahur di bulan suci Ramadhan secara berkeliling kampung selalu dilestarikan oleh warga Kelurahan Bangkuang, Kecamatan Karau Kuala, Kabupaten Barito Selatan (Barsel).
Seperti pantauan Kabarkalteng.com, Rabu (15/5/2019) dinihari tampak sekerumunan orang dewasa hingga anak-anak ini bersemangat membawa peralatannya dari rumah masing-masing.
"Tradisi bagarakan sahur ini sudah turun temurun dari dulu di kampung kami ini, setiap sekira pukul 1.30 WIB dinihari ada beberapa kelompok yang melakukan bagarakan sahur," ujar Deny Kurniawan, salah satu pemuda Bangkuang.
Ia menjelaskan, bagarakan secara berkeliling kampung ini sangat unik, seraya memukul aneka mangkok alumunium, piring seng, baling-baling (roda) klotok, kaleng dan jiregen plastik serta besi hingga mengeluarkan bunyi yang berirama.
"Ketika iringan musik unik itu dimulai sembari diiringi dengan nyanyian-nyanyian religi dan lainnya," imbuhnya.
Dilanjutkannya, kelompok bagarakan sahur dari Bangkuang ini sudah beberapa kali mengikuti lomba bagarakan sahur diantaranya, di Kota Buntok, Tamiang Layang bahkan beberapa kali ikut lomba di wilayah Kalimantan Selatan yakni di Kota Banjarbaru dan Kelua.
"Alhamdulillah tradisi bagarakan sahur ini tetap kami lestarikan, bahkan anak-anak sudah bisa memainkan atau memukul alat-alat ini hingga menghasilnya musik unik ini sudah bisa semua," pungkasnya.[kenedy]
loading...
TAG