Terima Rekomendasi LKPj, Bupati Ben Apresiasi Kerja Tim Pansus DPRD

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Pada Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Selasa (16/4/2019), Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, telah menerima rekomendasi dari tim Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Kapuas.
Dalam sambutannya Ben menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan dan seluruh anggota dewan atas kerjasama dan dukungan pada eksekutif dan perencanaan pembangunan di daerah.
"Berkat kerja sama dan dukungn yang telah terjalin selama ini maka laporan pertanggungjawaban kepala daerah tahun 2018 yang telah kami sampaikan pada sidang paripurna DPRD Kabupaten Kapuas tanggal 9 Maret 2018 yang lalu pada hari ini telah menghasilkan rekomendasi dari DPRD Kapuas," kata Ben Brahim.
Tentunya, lanjutnya, ini merupakan hasil kerja keras dari tim Pansus melalui tahapan kajian yang mendalam dari isi LKPj tersebut.
"Sehubungan dengan hal tersebut saya ingin menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja tim Pansus LKPj DPRD Kabupaten Kapuas yang telah menghasilkan rekomendasi yang sangat penting bagi pemerintah Kabupaten Kapuas," jelas orang nomor satu di Kabupaten Kapuas itu.
Dilanjutkannya, hal itu penting dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan pembangunan maupun pelayanan kepada masyarakat.
Menurut mantan Kadis PU Provinsi Kalimantan Tengah ini, berdasarkan peraturan pemerintah nomor 3 tahun 2007 tentang laporan keterangan  pertanggungjawaban kepala daerah kepada DPRD dalam pasal 18 menjelaskan bahwa LKPj sekurang-kurangnya menjelaskan arah kebijakan umum pemerintah daerah pengelolaan keuangan daerah secara makro termasuk pendapatan dan belanja daerah, penyelenggaraan urusan disentralisasi tugas pembantuan dan tugas umum pemerintahan.
"Karena itu kewajiban kami untuk menindaklanjuti rekomendasi DPRD. Akan kami upayakan pada hal-hal yang bersifat kebijakan umum sebab kita ketahui pemerintah daerah dalam hal ini pihak eksekutif selain mempertimbangkan rekomendasi DPRD juga harus memperhatikan rekomendasi yang disampaikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK RI," paparnya.
Selaku kepala pemerintahan, dirinya sangat menghargai dan memaknai rekomendasi yang disampaikan sebagai wujud kepedulian dan kesungguhan seluruh anggota DPRD Kabupaten Kapuas terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan di daerah.
"Karena itu segala saran masukan ataupun kritikan yang tertuang dalam poin-poin rekomendasi LKPj ini merupakan bahan yang sangat berharga yang akan ditindaklanjuti demi optimalisasi kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas," pungkas Ben.[zulkifli]
loading...
TAG