Sumpah 538 Perawat Diambil di Momen Reuni Akbar

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS – Dalam rangka hari ulang tahun Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) ke-45, DPD PPNI Kabupaten Kapuas menyelenggarakan pengambilan sumpah perawat yang diikuti sebanyak 538 perawat.
Kegiatan ini sekaligus dirangkai dengan seminar sehari dan reuni akbar yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Kapuas, Senin (1/4/2019) pagi.
Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Kapuas Vitrianson dan dihadiri langsung oleh Ketua DPW PPNI Provinsi Kalimantan Tengah Natalansyah yang juga sebagai narasumber seminar didampingi Ketua PPNI Kapuas, Apendi.
Dalam sambutan tertulis Bupati Kapuas yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum menyampaikan selamat kepada para perawat yang telah bersumpah untuk berkomitmen menjadi perawat yang professional dan bertanggung jawab terhadap dirinya, profesinya, maupun kepada tuhannya masing-masing, yang siap memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat yang tersebar di Indonesia umumnya dan Kabupaten Kapuas khususnya.
“Seorang perawat dalam bekerja harus melayani dengan ramah, murah senyum dan bersungguh-sungguh sehingga pasien merasa diperhatikan dengan baik dan merasa nyaman. Seorang perawat yang melayani pasien, baik di puskesmas maupun di rumah sakit, saya yakin tidak hanya kompeten dan professional dalam bidang keperawatan, tetapi juga siap mengabdikan diri dengan selalu mengedepankan prinsip kerja cerdas, ikhlas, bermutu, berkualitas dan tuntas,” ucap Vitrianson.
Lebih lanjut, Ketua DPD PPNI Kabupaten Kapuas Apendi menerangkan bahwa bagi seorang perawat untuk memberikan pelayanan kesehatan pada pasien tidak cukup hanya dengan memiliki ijazah tetapi juga harus memiliki surat tanda registrasi (STR) dan juga surat izin praktek (SIP) perawat.
Untuk mendapatkan STR seorang lulusan perawat harus melalui tahapan uji kompetensi dan juga harus mengikuti proses sumpah perawat seperti yang dilakukan pada kesempatan tersebut.
Kegiatan sendiri diikuti oleh 480 orang dari institusi pendidikan Keperawatan Akper Pemkab Kapuas atau alumnus Akper Pemkab Kapuas serta 54 orang dari institusi kampus kesehatan Banjarmasin dan Palangka Raya.
Kegiatan tersebut diawali dengan penampilan tari Pengkang Hambaruan dari Sanggar Tari Riak Nyalong, kemudian pengambilan sumpah perawat secara simbolis kepada lima perawat lintas agama oleh Ketua DPW PPNI Provinsi Kalimantan Tengah Natalansyah disaksikan seluruh peserta yang hadir. Selanjutnya dilaksanakan pemasangan pin PPNI dan penyerahan surat keputusan tenaga kontrak kesehatan tahun 2019 oleh Vitrianson.
Pada kesempatan itu, juga dilaksanakan penyerahan kenang-kenangan kepada pengurus DPD PPNI Kabupaten Kapuas yang purna tugas yaitu H Moch Yobsih, Gandie dan Vinatiri dilanjutkan dengan pemotongan kue ulang tahun.[angga/advertorial]
loading...
TAG