Sengketa Pemilu Bisa Diselesaikan di Panwascam, Ini Penjelasan Bawaslu

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Sengketa Pemilu yang bisa ditangani Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) adalah perselisihan antara dua belah pihak atau lebih mengenai kepentingan atau hak yang menimbulkan akibat hukum terhadap proses Pemilu.
Ana Rahimah, Kordiv Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kapuas mengatakan, sesuai dengan Perbawaslu tentang Tata Cara Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu, bahwa sengketa bisa diselesaikan melalui mediasi antara kedua pihak atau lebih dengan Bawaslu sebagai mediator. Sehingga, ketika proses mediasi tidak mencapai kesepakatan, maka dilanjutkan menuju proses adjudikasi.
"Sengketa dalam Pemilu muncul ketika ada pihak yang merasa dirugikan, bukan hanya dari laporan, sengketa juga muncul dari adanya temuan Panwascam dan PPK," kata Ana, saat menyampaikan materi soialisasi Penyelesaian sengketa Pemilu, di Hotel Walet Mas, Rabu (10/4/2019).
Dikatakannya, yang bisa menjadi obyek sengketa itu adalah putusan KPU, yaitu berupa surat keputusan maupun berita acara.
"Yang harus disiapkan ketika adanya sengketa antar peserta, di antaranya  adanya pihak pemohon dan termohon, serta adanya objek sengketa," imbuhnya.
Dilanjuntkannya, saat ini terkait sengketa Pemilu memungkinkan diselesaikan pada tingkat Panwascam setempat yang dianggap mampu menyelesaikannya.
"Namun kewenangan itu juga berdasarkan mandat yang telah diberikan Bawaslu Kabupaten," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG