Legislator Kapuas Ini Apresiasi Kepsek Inisiator Sukseskan UNBK

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Anggota DPRD Kabupaten Kapuas dari Partai Hanura, Lawin, mengapresiasi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) yang berlangsung dari 1, 2, 4 dan 8 April 2019.
Apresiasi itu pantas diberikan kepada beberapa kepala sekolah daerah setempat lantaran berinisiatif menyukseskan UNBK, meski belum memiliki sarana prasarana yang cukup.
"Kita memberikan apresiasi, di tengah keterbatasan peralatan, kepala sekolah berinisiatif mengusahakan ketersediaan komputer sehingga bisa melaksanakan UNBK," kata Lawin, yang merupakan Ketua Komisi IV DPRD Kapuas itu, Selasa (2/4/2019).
Lawin mengatakan, ada beberapa sekolah yang belum memiliki komputer yang cukup sehingga mereka meminjam komputer dan atau menumpang di sekolah lain agar anak-anak didik tetap dapat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).
"Jadi kita apresiasi upaya itu demi terlaksananya UNBK pada sekolah setempat," ucapnya.
Program pemerintah melaksanakan UNBK, menurutnya, patut didukung sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menjawab perkembangan teknologi dan informasi yang serba dalam jaringan atau online.
Dia mengakui, kemampuan keuangan daerah sangat terbatas dalam memenuhi kebutuhan komputer semua sekolah, khususnya sekolah negeri. DPRD Kapuas terus mendorong pengadaan sarana prasarana UNBK secara bertahap sehingga nantinya semua sekolah dapat melaksanakan UNBK secara mandiri.
"Kita meminta kepada pemerintah daerah agar memperhatikan terkait sarana sekolah, untuk pelaksanaan UNBK," harapnya.
Ke depan, lanjutnya diharapkan, sekolah bisa melaksanakan UNBK secara mandiri, meski pelaksanaan UNBK dilaksanakan lebih dari satu sesi.
Dia juga meminta kepada pihak-pihak lain yang terlibat dalam UNBK, seperti PT PLN atau penyedia internet seperti Telkom, memastikan ketersediaan listrik dan jaringan internet sehingga tidak mengganggu pelaksanaan UNBK.
Berdasarkan data dihimpun UNBK tahun pelajaran 2018/2019 diikuti 1.771 siswa-siswi dari 20  SMA, 1.098 siswa-siswi dari 23 MA baik negeri maupun swasta yang ada di Kabupaten Kapuas.[zulkifli]
loading...
TAG