Kemenag Kapuas Terbitkan Sertifikat Tanah Wakaf

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Dari 167 bidang tanah wakaf yang telah diusulkan, kini 149 bidang telah diterbitkan sertifikat. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas segera menindaklanjuti hal itu.
Kakankemenag Kapuas, H Ahmad Bahruni mengumpulkan, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) untuk membahas usulan sertifikat tanah wakaf tahun 2019.
Baik itu yang masuk program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) maupun yang tidak atau Sporadik.
H Ahmad Bahruni mengatakan, ini menindaklanjuti hasil penyertifikatan tanah wakaf yang sudah diterbitkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kapuas di tahun 2018 lalu.
"Dari usulan 167 lokasi tanah wakaf, sudah 149 yang sudah diterbitkan sertifikat nya," ucap Bahruni, Sabtu (6/4/2019).
Sisanya, lanjutnya, akan diusulkan kembali di tahun 2019 ini.
"Ditambah dengan data yang sudah masuk dengan rincian 36 lokasi masuk target PTSL dan 95 Lokasi termasuk Sporadik," jelas Bahruni.
Ia pun meminta kepada Kepala KUA yang wilayahnya termasuk dalam PTSL agar segera melengkapi dokumen persyaratannya.
"Serta terus mendampingi dalam proses pensertifikatan, karena ini termasuk layanan Kementerian Agama untuk ummat," tandasnya.
Sementara itu, Penyelenggara Syariah Kantor Kemenag Kapuas, H Supriatin menjelaskan lebih rinci bahwa rapat yang telah digelar bertujuan untuk mempersiapkan usul dokumen tanah wakaf yang akan diserahkan ke BPN baik yang PTSL maupun Sporadik. 
Lebih Lanjut dijelaskannya, PTSL merupakan program pemerintah melalui BPN yang sudah masuk target sertifikasi,. Sedangkan Sporadik adalah penyertifikatan yang tidak termasuk target BPN, tetapi masih bisa diusulkan.
"Ini secepatnya akan kami usulkan ke BPN Kapuas. Mohon doanya dua minggu ke depan, kami bersama kepala KUA akan menvalidkan data tanah wakaf tahun 2019," pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG