Kembangkan Pariwisata di Pulpis, Pemkab Kaji Banding ke Bantul dan Progo

Print Friendly and PDF
8
PULANG PISAU - Upaya menggali sistem perencanaan mengembangkan, penelitian, pengembangan, pengelolaan, pemasaran, monitoring dan Evaluasi atau Monev di sektor pariwisata di Bumi Handep Hapakat.
Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) melaksanakan Kaji Banding ke Bantul dan Kabupaten Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai 10 hingga 11 April 2019 ini.
"Kegiatan Kaji Banding bersama Disbudpar dan dinas lainnya ke Bantul dan Progo ini merupakan upaya kita dalam mengembangkan lagi sektor pariwisata di daerah kita," ucap Tim Pokja Percepatan Pembangunan Pariwisata Kabupaten Pulang Pisau, Triono Rahyudi, kepada media ini, Kamis (11/4/2019).
Menurut Triono Rahyudi, kegiatan Kaji Banding ini, juga merupakan upaya persiapan stakeholder terkait lainnya dalam kesiapannya, baik segi anggaran maupun Sumber Daya Manusianya.
"Bagaimana nanti sistem pengelolaannya, bagaimana keterlibatan masyarakat serta kenaikan para pengunjung nantinya," katanya.
Dengan itu, tambah Triono Rahyudi, menjadi pemicu buat kami untuk membangun pariwisata Pulang Pisau secara terintegrasi, terkoneksi, dan harmonisasi.
"Semoga hasil kaji banding ini dapat menjadi gambaran dan bisa diambil dan diterapkan di daerah, terutama dalam rangka pengelolaan manejemen dan penataan destinasi pariwisata di Kabupaten Pulang Pisau ini," harapnya.
Sementara, Kadisbudpar Pulang Pisau, Damek Panahan mengungkapkan bahwa pihaknya sebagai leading sektor dalam kepariwisataan ini tentunya sangat mendukung.
Bahkan Ia menyebutkan telah menyiapkan SDM manejemen pengelolaan pariwisata dengan membentuk Kelompok Desa Wisata (Pokdarwis) di enam desa di wilayah Kabupaten Pulang Pisau.
Sehingga diharapkan kelompok tersebut, dapat  menjadi penggerak dan kepanjangan tangan untuk terjun ke masyarakat dalam pemembinaan, khususnya pelaku-pelaku usaha dalam menetapkam Sapta Pesona dari Aman sampai Kenangan.
"Pada intinya kami selaku leading sektor berharap masyarakat harus menumbuhkan kesadaran, karena dari masyarakatlah yang menjadi penggerak untuk mengembangkan pariwisata desanya sesuai dengan kondisi daerah masing-masing," tutupnya.
Sementara, rombongan yang di pimpin Triono Rahyudi, juga didampingi Plt Kepala Dinas PUPR Usis I Sangkai, Kepala Bapeedalitnbang, Juman, Kepala Dinas Kominfo dan Informatika, Moh Insyafi, Kepala Dinas Pertanian, Slamet Untung Riyanto, Kabid Tata Ruang, Titin Maria, Kabis Ekonomi Sosial Budaya, Hendri Arroyo, Kabid Pengelolaan Informasi dan Telekomunikasi, Hidayat Briantara bersama sejumlah stafnya.[manan]
loading...
TAG