Jelang Pemilu 2019, KPU Kapuas Gelar Bimtek Pemungutan Penghitungan dan Rekapitulasi Suara

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas menggelar Bimbingan Tekhnis (Bimtek) pemungutan dan penghitungan serta rekapitulasi suara untuk Pileg dan Pilpres pada Pemilu 2019.
Kegiatan dilaksanakan di aula Bappeda Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas, 4-5 April 2019. Bimtek diikuti masing-masing lima anggota Penitia Pemungutan Suara (PPK) dari 17 Kecamatan se-Kabupaten Kapuas.
Ketua KPU Kapuas, Jamilah Maisura membuka langsung kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, Ia memgatakan, Bimtek ini untuk memperkuat pemahaman jajaran penyelenggara dalam hal ini PPK tentang proses pemungutan dan penghitungan serta rekapitulasi suara dalam Pemilu 2019 akan datang.
"Dengan kegiatan Bimtek ini diharapkan memberi petunjuk secara umum, sehingga pola pikir dalam melaksanakan rangkaian kegiatan ini dapat lebih terarah sesuai dengan peraturan perundang undangan, dan rekapitulasi dapat diselesaikan tepat waktu," kata Jamilah.
Komisioner KPU Divisi Teknis, Agus Hilmi menambahkan ada perbedaan penanganan tata cara pemungutan maupun penghitungan suara di Pemilu serentak 2019 dibandingkan pemilu sebelumnya.
"Ini Pemilu serentak pertama kali, tentu ada perbedaan untuk itu harus dipahami tata cara dan proses, hingga peran masing-masing," ucap Agus Hilmi, Kamis (5/4/2019) disela kegiatan itu.
Dia jua meminta agar apa yang diterima oleh peserta nanti dilanjutkan ke jajaran bawahnya dalam hal ini PPS.
"Laksanakan juga ini dengan penuh integritas, sisi administrasi juga harus diperhatikan," imbuhnya.
Dalam kegiatan itu juga peserta mendapat pelatihan penggunaan aplikasi sistem informasi penghitungan suara (Situng) Pemilu 2019, yang akan digunakan pada hari pemungutan suara nanti.[zulkifli]
loading...
TAG