Deteksi Pembinaan dan Pengawasan, Pemprov Gelar Rakor

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) penguatan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan di kelurahan.
Ini dilakukan dalam rangka implementasi peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 130 Tahun 2018. Bertempat di Meeting Room Luwansa Hotel, Kota Palangka Raya, Senin (8/4/2019) pagi.
Rakor dimaksudkan sebagai sarana fasilitas, sinkronisasi, pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan di kelurahan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota dalam satu daerah provinsi serta mensosialisasikan Permendagri nomor 130 tahun 2018.
Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah, Drs H Sapto Nugroho Handono Wareh MM dalam sambutannya menyampaikan, Rakor ini sebagai langkah untuk pembangunan sarana, prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan, sekaligus pemaparan terkait dengan tugas pemerintahan.
Di bidang intelijen, lanjutnya, untuk melakukan peringatan dini dalam rangka pencegahan, penangkalan, dan penanggulangan setiap ancaman.
"Gangguan terhadap keamanan nasional, khususnya di Kalteng dan upaya pencegahan peredaran narkoba di wilayah perbatasan dengan provinsi lain," ucap PLH Sekda Kalteng.
Tujuan Rakor antara lain untuk mengetahui secara langsung bentuk pembinaan dan pengawasan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota terkait dengan penyelenggaraan Pemerintah di Kelurahan di  Kalteng.
Mengidentifikasi dan menginventarisir permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan penyelenggaraan Pemerintah di Kelurahan khususnya dalam pelaksanaan dan penyerapan dana Kelurahan tahun 2019.
"Menyamakan persepi dan meningkatkan motivasi serta kapasitas aparatur pemerintahan khususnya Camat dan Lurah dalam menangani penyelenggaraan pemerintahan di Kelurahan. Untuk mengetahui secara langsung hal-hal yang berkaitan dengan tugas pemerintahan di bidang intelijen dalam melakukan peringatan dini dalam rangka pencegahan," Tutupnya
Penangkalan dan penanggulangan setiap ancaman/gangguan terhadap keamanan nasional, khususnya di Kalteng harus konsisten dilakukan.
Untuk mengetahui secara langsung hal-hal yang akan dilakukan dalam upaya pencegahan peredaran narkoba di wilayah perbatasan dengan provinsi lain
Turut hadir dalam acara tersebut, Asisten II Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda, Drs H Nurul Edy  MSi, Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten/Kota se-Kalteng, Camat se-Kalteng, Lurah se-Kalteng serta para tamu undangan.[deni]
loading...
TAG