Baznas Pulpis Gelar Sosialisasi Zakat

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Sebagai bentuk tindak lanjut terbentuknya Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pulang Pisau, Jumat (12/4/2019) digelar sosialisasi dan optimalisasi tentang zakat dan pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di lingkup satuan kerja dan lembaga Pemerintah Daerah (Pemda) setampat.
Dalam sambutannya, Bupati Pulang Pisau yang disampaikan Plt Sekretaris Daerah (Sekda), Sarifudin mengatakan, pengumpulan zakat dilingkungan satuan kerja Pemkab Pulang Pisau ini sangat penting dalam rangka membantu kemaslahatan ummat secara umum.
"Sudah menjadi keinginan kami, pemerintah daerah untuk memfasilitasi eksistensi Baznas Pulang Pisau ini dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, penting bagi kita semua untuk menyalurkan zakat para ASN muslim melalui BAZNAS agar benar-benar terkoordinir dengan baik," ujarnya.
Baznas ini, lanjutnya, secara nasional sudah terbentuk sejak tahun 2011, namun untuk kabupaten Pulang Pisau baru tahun 2019 ini dibentuk.
"Tapi tidak mengapa, yang penting kita tetap semangat dan tetap punya keinginan untuk mengumpulkan zakat dari para ASN muslim untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan," ucapnya.
Sekda menekankan agar para ASN melalui unit pengumpul Zakat (UPZ) yang akan dibentuk dimasing- masing dinas instansi agar benar-benar mendukung dengan cara menyisihkan sebagian penghasilannya untuk diserahkan kepada Baznas melalui UPZ.
Sementara Ketua Baznas Pulang Pisau, Drs. H. Khairil Anwar, mengatakan, agar masing- masing dinas satuan kerja segera membentuk UPZ yang bertugas mengumpulkan zakat dari para ASN muslim yang ada di instansi itu.
"Terutama bagi ASN yang penghasilannya mencapai Rp 4 juta rupiah perbulan, maka dikeluarkan zakatnya sebesar Rp 100 ribu, bagi ASN yang penghasilannya belum mencapai nisabnya disarankan untuk memberikan infaq sukarela," ungkapnya.[manan]
loading...
TAG