Bawaslu Pulpis Hadiri Pelatihan Saksi Parpol di Kahayan Kuala

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Upaya menyamakan persepsi serta memantapkan para saksi masing-masing Parpol tentang fungsi tugasnya pada pelaksanaan Pemilu Pilpres dan Legislatif dilakukan Bawaslu Pulang Pisau dengan memberikan pelatihan dan sekaligus pemahaman kepada para Saksi Parpol tersebut.
Kali ini, pelatihan tersebut berlangsung di Kecamatan Kahayan Kuala (Bahaur), Kabupaten Pulang Pisau, Senin (8/4/2019) pagi.
Hadir sebagai Supervisi langsung oleh Ketua Bawaslu Pulpis, Ubeng Itun, didampingi sejumlah stafnya serta Panwascam kecamatan setempat sebagai pemateri pada kegiatan pelatihan tersebut.
Dalam sambutannya, Ia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya Bawaslu dalam memberikan pemahaman serta pembelajaran kepada para saksi parpol tentang teknis di TPS nantinya.
"Semoga dengan adanya pelatihan ini, nantinya para saksi mampu memahami serta mengerti tata cara sebagai saksi di TPS saat pencoblosan berlangsung," kata Ubeng kepada media ini menyampaikan, Senin (8/4/2019).
Diterangkan Ubeng, bahwa kegiatan pelatihan saksi Parpol berlangsung selama empat hari dimulai tanggal 7 hingga 10 April mendatang.
"Pelatihan saksi parpol ini berdasarkan amanah dalam Undang-Undang. Artinya, dimana Bawaslu harus melatih saksi parpol sesuai dengan UU nomor 7 tahun 2017, bahwa saksi itu dilatih oleh Bawaslu, meski hanya sebagai supervisi,"ucap Ubeng.
Adapun untuk pelatihan di Kecamatan Kahayan Kuala ini, diantaranya saksi dari Gerindra, PKB, PPP yang berlangsung pada dua sesi.
"Kami berharap nantinya tidak ada lagi kesalahan saat di TPS. Pelatihan ini juga berlangsung di delapan kecamatan di wilayah Kabupaten Pulang Pisau," tukasnya.[manan]
loading...
TAG