Bawaslu Pulpis Gelar Sosialisasi Penyelesaian Sangketa Pemilu

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Badan Pengawasan Pemilu Kabupaten Pulang Pisau (Bawaslu Pulpis), Sabtu (6/4/2019) menggelar Sosialisasi Penyelesaian Sangketa Pamilu 2019.
Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Bappedalitbang Pulpis dengan melibatkan puluhan peserta dari perwakilan Partai Politik, Organisasi Masyarakat dan Kepemudaan serta tokoh agama serta media massa.
"Kegiatan ini diikuti 55 peserta dari perwakilan Parpol, Ormas, OKP, tokoh agama dan media massa. Tujuannya kita ingin memberikan pemahaman terkait penyelesaian sangketa pemilu 2019," ucap Ketua Bawaslu Pulpis Ubeng Itun kepada awak media, Sabtu (6/4/2019).
Menurutnya Ubeng Itun, Bawaslu pulpis telah melakukan upaya proaktif dengan menyelenggarakan Sosialisasi Penyelesaian Sengketa Pemilu yang melibatkan Partai Politik, Organisasi Masyarakat, Kepemudaan dan media serta stakeholder Pemilu lainnya.
Kegiatan ini dilakukan, agar proses penyelesaian sengketa pada pemilu bisa dipahami dengan baik, sehingga dalam penanganannya sesuai mekanisme atau aturan yang berlaku.
"Contohnya misal syarat formil dan materil, harus disampaikan secara benar, oleh pemohon saat mengajukan laporan, karena banyak permohonan yang kedaluarsa. Bagitu juga bagi peserta dapat menyelesaikan permasalahan pemilu dengan baik,” katanya.
Ubeng juga menjelaskan bahwa Penitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) sebagai pemegang mandat dari Bawaslu Kabupaten mampu menyelesaikan sengketa secara cepat dan sederhana dengan mengutamakan pendekatan musyawarah dalam penyelesaian sengketa.
Namun demikian, ia mengingatkan bahwa Panwascam tidak mempunyai wewenang adjudikasi atau mengambil putusan. Sebab, adjudikasi hanya ada di Bawaslu Kabupaten.
"Kita harap Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 ini dapat berjalan aman, tertib dan bebas dari sengketa," tutupnya.
Sementara, dalam sosialisasi dipaparkan mekanisme tentang menyikapi sengketa atau permasalahan yang dihadapi dalam pemilu 2019 ini. Adapun pemateri langsung dari Ketua Bawaslu Kabupaten dan sejumlah komisioner Bawaslu.[manan]
loading...
TAG