Waduh..! Banyak Parpol Belum Serahkan Data Saksi ke Bawaslu Pulpis

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pulang Pisau menyebut hingga kini Partai Politik (Parpol) masih belum menyerahkan data saksi ke pihak Bawaslu setempat.
Padahal, kata Ketua Bawaslu Pulpis, Ubeng Itun, data saksi sangat diperlukan agar bisa menjadi data awal untuk pihaknya dapat menyelenggarakan kegiatan pelatihan kepada para saksi tersebut.
"Sampai saat ini, saksi Parpol dan saksi tim Paslon Presiden dan Wakil Presiden baik 01 maupun 02 belum ada yang menyerahkan data saksinya. Dari itu, saya meminta dan mengingatkan kembali kepada parpol yang belum menyerahkan data saksinya agar segera menyerahkan ke kita data itu," ucap Ubeng kepada awak media, Jumat (15/3/2019) usai kegiatan sosialisasi bersama OMS dan Media di Pulang Pisau.
Menurut Ubeng, sesuai amanah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum Pasal 351, Bawaslu wajib bertangungjawab untuk pelatihan saksi Parpol yang nantinya akan bertugas di Tempat Pemungutan Suara atau TPS.
"Rencana untuk pengumpulan data para saksi paling lambat dikumpulkan mulai tanggal 15 Maret sampai 10 April mendatang. Itu merupakan jadwal pelatihan saksi yang nantinya dibagi persesi selama 1 jam, maka dalam sehari ada empat sesi," terang Ubeng.
Adapun untuk nama-nama Parpol yang belum menyerahkan data saksinya, yaitu Partai PKB, Golkar, Gerindra, Nasdem, Berkarya, PKS, PSI, PAN, Hanura, Demokrat, PKPI.
"Kita juga nanti akan kembali mengundang guna melaksanakan pelatihan ini. Pelatihan saksi ini dilakukan  secara bertahap, dan Bawaslu Pulpis akan tetap memberikan waktu untuk peserta menyampaikan nama-nama atau data saksinya sebelum masa jadwal batas waktu yang telah ditetapkan," tukasnya.[manan]
loading...
TAG