Ujian Berbasis Android Mulai Diterapkan, Begini Pandangan Legislator Kapuas

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Ujian Nasional (UN) berbasis android telah diterapkan sejumlah sekolah, khususnya pada Madrasah Aliyah (MA) di lingkup Kemenag Kapuas yang melaksanakan UAMBN BK berbasis android dan komputer.
Inovasi ini menuai apresiasi Eko Heri Sunarto, anggota DPRD Kapuas. Cara ini dinilainya lebih efektif dan efesien serta mengikuti perkembangan zaman.
"Penerapan ujian sekolah berbasis android dan komputer merupakan hal yang positif, ini mestinya mendapat dukungan dari pemerintah daerah," kata Eko, Sabtu (16/3/2019) disampaikannya melalui pesan selular.
Menurutnya, penerapan UN berbasis android dapat mengatasi keterbatasan sarana, sebab ujian nasional yang kini sudah mulai meninggalkan ujian yang berbasis pensil dan kertas menurut Eko juga belum bisa sepenuhnya beralih ke basis komputer.
Dilanjutkannya, bagi sekolah yang telah memiliki sarana komputer lengkap tentu tidak ada masalah melaksanakan ujian berbasis komputer, namun untuk sekolah-sekolah yang masih kekurangan perangkat komputer, ujian dapat dilakukan dengan basis android.
"Jika di lingkup madrasah sudah menerapkan ujian berbasis android dan komputer, maka sekolah di lingkup Disdik diharapkan untuk mengkaji itu agar bisa diterapkan," pungkas Eko.[zulkifli]
loading...
TAG