Tingkatkan Kapasitas SDM, Bawaslu Kapuas Gelar Bimtek

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Menghadapi pemilihan umum (Pemilu) legislatif dan Pilpres 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kapuas terus meningkatkan kapasitas pengawasan Pemilu melalui Bimbingan Teknis (Bimtek).
"Tujuan digelarnya Bimtek ini, salah satunya untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan Panwaslu kecamatan dalam hal pemahaman regulasi di bidang pengawasan kemudian pencegahan," kata Iswahyudi Wibowo, Selasa (12/3/2019) di sela kegiatan Bimtek Peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu, di aula Hotel Permata Inn, Kuala Kapuas.
Terkait aturan dan regulasi yang harus dipahami itu, lanjut Iswahyudi, yaitu Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Selain itu, Peraturan KPU serta Peraturan Bawaslu yang berkaitan dengan setiap tahapan-tahapan Pemilu.
"Saat ini Pemilu 2019 telah memasuki tahapan proses kampanye," imbuhnya.
Namun, menurutnya masih ada dua tahapan yang sangat krusial, yaitu tahapan pemungutan dan penghitungan suara pada 17 April 2019 mendatang.
"Di samping itu kita juga mengenalkan tugas fungsi Bawaslu sebagai salah satu penyelenggara dalam Pemilu," pungkas Iswahyudi.
Kegiatan Bimtek ini diikuti anggota Panwascam dari 17 Kecamatan dan dilaksanakan selama dua hari dengan materi dari beberapa nara sumber.
Koordinator sekretariat Bawaslu Kapuas, Untung Supriyadi menyampaikan materi rencana kerja Panwascam Kecamatan. Kemudian materi Peningkatan SDM disampaikan Libu Komisioner Bawaslu Kapuas, dan materi utama nantinya akan disampaikan komisioner Bawaslu Kalteng.[zulkifli]
loading...
TAG