Terkesan Tertutup dengan Awak Media, Ini Kata KPU..!

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pulang Pisau kembali menuai sorotan. Kali ini, sikap KPU Pulpis yang terkesan tertutup dengan awak media terkait tahapan kegiatan yang dilaksanakan pihaknya menjelang Pemilu 2019, yaitu Pileg dan Pilpres.
Ketua KPU Pulpis, Yuliana melalui Kasubag Teknis, Lukman mengakui bahwa pihaknya menyadari selama ini memang jarang melibatkan awak media. Itu kemungkinan karena yang menangani kegiatan KPU sesuai dengan divisinya masing-masing. Sehingga ini menjadi tanggungjawab Ketua Divisinya.
"Iya sih, seharusnya ada pendampingan dari awak media setiap ada kegiatan KPU Pulpis, yang sifatnya memang harus dipublikasikan," ucap Lukman saat dikonfirmasi wartawan media ini, melalui via telepon selulernya, Kamis (14/3/2019).
Meski tidak tahu persis penyebabnya, Lukman hanya menyayangkan kalau memang rangkaian tahapan Pemilu 2019 oleh KPU Pulpis jarang terekspos ke media sehingga KPU terkesan enggan melibatkan media pada beberapa kegiatan tahapan Pemilu 2019 ini.
"Yang saya tahu, mungkin KPU tidak ada anggaran untuk melibatkan awak media. Tapi ini kemungkinan saja, bahkan untuk media center KPU sendiri pun sampai saat ini kurang efektif dalam berbagi informasi terkait sejauh mana tahapan Pemilu 2019 ini," terangnya.
Sementara menurut salah satu awak media dari harian Online Kalamantha, Anta, dengan adanya kesan ketidakterbukaan pihak KPU dengan media massa, baik cetak maupun elektronik tentunya sangat kesulitan untuk masuk ruang.
"Dari pantauan saya, sering media massa tidak diundang untuk meliput tahapan Pemilu 2019. Contoh seperti datangnya surat suara dan sampai pelipatan surat suara, pihak media tidak ada yang diberitahukan, apalagi diundang. Ini tentunya sangat mengecewakan kita juga, karena bagaimanapun terlebih peran media dalam mensosialisasikan kepublik melalui pemberitaan sangat efektif, sehingga publik mengetahui tahapan pelaksanaan Pemilu 2019 ini," Kata Anta yang juga selaku Anggota PWI Pulpis.
Sementara, kabarnya juga KPU setempat hanya bekerjasama dengan media massa yang sudah melakukan kontrak. Ditanya media mana yang sudah melalui proses kontrak, salah satu pihaknya enggan menyebutkan nama media yang tersebut.
"Kayanya sudah ada media yang dikontrak KPU Pulpis. Mungkin disitu segala macam kegiatan KPU dipublikasikan," ujar sumber yang enggan namanya dipublikasikan.[manan]
loading...
TAG