Selat Didaulat sebagai Percontohan Kecamatan KLA

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS – Dalam rangka mewujudkan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) di Kabupaten Kapuas, Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) melaksanakan kegiatan lomba menggambar dan mewarnai tingkat PAUD, SD serta SMP sederajat.
Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh istri Bupati Kapuas Ary Egahni, SH yang juga sebagai Bunda PAUD Kabupaten Kapuas, bertempat di Citimall Kuala Kapuas, Selasa (5/3/2019) pagi.
Kehadiran Woman Inspiration Kabupaten Kapuas Ary Egahni disambut meriah dengan penampilan tari dari Forum Anak Daerah Kabupaten Kapuas.
Ary Egahni dalam sambutannya menyampaikan, Kabupaten/Kota Layak Anak adalah Kabupaten/Kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan program dan kegiatan menjamin terpenuhnya hak dan perlindungan anak.
Lebih lanjut, Ia menerangkan Kabupaten/Kota Layak Anak diperlukan karena anak adalah sebagai tongkat estafet penerus masa depan bangsa. Oleh karena itu, implementasi dimulai dari Keluarga Ramah Anak, selanjutnya Rumah Tangga Layak Anak, Desa, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga Indonesia Layak Anak.
Ia menjelaskan ada empat hak dasar anak yaitu hak hidup, tumbuh kembang, perlindungan dan partisipasi.
“Saya menginginkan agar Kabupaten Kapuas dapat menerapkan kondisi sekolah yang nyaman dan aman seperti Sekolah Ramah Anak, karena sekolah ramah anak adalah sekolah yang secara sadar berupaya menjamin dan memenuhi hak-hak anak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggung jawab. Sekolah memberikan pelayanan kepada anak agar belajar dengan nyaman, aman dan terbebas dari tindak kekerasan,” tekannya.
Ia berharap melalui kegiatan lomba ini khususnya Kecamatan Selat sebagai percontohan untuk kecamatan lainnya secara berjenjang sebagai contoh untuk kelurahan/desa, kemudian dilanjutkan dengan Kabupaten Kapuas menjadi Kabupaten Layak Anak.
Pada kesempatan tersebut, Plt Kepala Dinas P3APPKB Kabupaten Kapuas Apendi, SKM, MM dalam laporannya menyampaikan kegiatan lomba tersebut diikuti oleh 300 anak ditingkat Kecamatan Selat.
“Tujuan kegiatan ini adalah mewujudkan Kecamatan Layak Anak yang dimulai dari Kecamatan Selat. Kemudian sebagai wadah partisipasi anak untuk mendorong keterlibatan anak dalam proses pengambilan keputusan dalam segala sesuatu yang berguna dengan diri anak itu,” pungkasnya.[angga/advertorial]
loading...
TAG