Pramuka Efektif Bentuk Karakter Pemuda Mandiri

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Pramuka atau Praja Muda Karana merupakan tempat untuk menempa dan membentuk karakter generasi muda yang tangguh dan mandiri.
Kali ini, anggota Pramuka Saka Bhayangkara Barito Selatan (Barsel) melaksanakan kegiatan hiking alias pengembaraan selama tiga hari dua malam.
Kegiatan yang dimulai dari 15 hingga 17 Maret 2019 ini mengambil rute start di Jalan Tugu, Merdeka Raya, Pahlawan, Agani Gandrung dan Padat Karya. Kemudian dilanjutkan ke Desa Mabuan, Kalahien, Lembeng, Pamait, Sababilah serta ke Bumi Perkemahan Lalemu Lewas dan menunu Desa Danau Ganting, Jalan Kaladan, Pelita Raya, Teratai hingga kembali ke Jalan Tugu untuk finish.
"Kegiatan ini di antaranya jalan kaki, masak rimba, survival, melatih mental, fisik, kekompakan, kebersamaan dan cinta alam dengan jumlah anggota 60 orang," ungkap Waket III Pembinaan Anggota Dewasa, Rudy Rusanto mewakili Ketua Kwarcab Pramuka Barsel, Hj Permana Sari.
Dilanjutkannya, melalui kegiatan pramuka, generasi muda akan memiliki kesibukan positif. Dengan begitu, mereka bakal menghindari keterlibatannya dalam pergaulan negatif dan penyalahgunaan narkoba.
"Yang kita khawatirkan saat ini anak muda dan para pelajar merupakan sasaran empuk bagi bandar dan para pengguna narkoba. Dengan kegiatan ini kita dapat meminimalisir korban narkoba," imbuhnya.
Ia menambahkan, kegiatan ini juga sebagai ajang petualangan bagi peserta yang selama ini biasanya kegiatan di dalam ruang kini berada di ruang terbuka sehingg mereka merasakan suasana yang berbeda dan menjadi tempat rekreasi yang murah meriah.[kenedy]
loading...
TAG