Pentingnya Partisipasi Masyarakat, KPU Kapuas Sosialisasikan Pendidikan Pemilih di 17 Kecamatan

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas, Divisi SDM dan Parmas, Muntiara, Selasa (12/3/2019) mengatakan, partisipasi masyarakat, khususnya pemilih pemula di kalangan sekolah dan kampus sangat penting. Sebab generasi milineal ini sebagai penentu masa depan bangsa.
"Selama ini KPU Kapuas juga telah menyampaikan sosialisasi bagi pemilih pemula kalangan pelajar SLTA sederajat," kata Muntiara, di sela kegiatan sosialisasi pendidikan pemilih, di aula Bappeda, Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas.
Sosialisasi itu, lanjutnya, dilakukan meliputi 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas, pada sekolah-sekolah SLTA sederajat, menyasar pemilih pemula, pemilih perempuan, serta pemilih disabilitas.
Mengingat pentingnya sosialiasi, dikatakannya, KPU sebelumnya juga telah membentuk relawan demokrasi.
"Relawan demokrasi ini sebanyak 55 orang merupakan hasil rekrutmen di bawah koordinasi KPU," ucap Muntiara.
Tugas relawan demokrasi ini, lanjutnya, menyampaikan informasi tentang kepemiluan. Selain itu, mendidik pemilih mengenai penggunaan hak pilih secara bijak.
Keberadaan relawan ini diharapkan pula menekan angka golput, dan meningkatkan partisipasi pemilih.
"Para relawan demokrasi bertugas pada sebelas segmen basis pemilih dalam melakukan sosialisasi," imbuh Muntiara.
Dengan gencarnya sosialisasi yang dilakukan ini, pihaknya berharap partisipasi pemilih di Kabupaten Kapuas yang pada Pilkada Pilbup lalu mencapai 64 persen lebih, diharapkan dapat meningkat, sebagaimana target secara nasional untuk Pemilu 2019 sebesar 77,5 persen.[zulkifli]
loading...
TAG