Penemuan Makam Keramat di Muara Puning Barsel jadi Viral

Print Friendly and PDF
BUNTOK - Warga Barito Selatan (Barsel) dan sekitarnya sontak kaget dengan postingan akun facebook bernama Muara Puning yang memuat perihal penemuan kuburan keramat di Dusun Muara Puning, Desa Teluk Timbau, Kecamatan Dusun Hilir, Barsel.
Penemuan ini pun menjadi viral di grup media sosial facebook Aspirasi Masyarakat Barito Selatan (AMBS) pada Minggu (24/3/2019). Postingan tersebut sempat membuat para netizen gempar dan berkomentar dengan berbagai versi.
Kepala Dusun Muara Puning, Misradi menerangkan kepada media ini, penemuan itu bermula dari keterangan dari warga bernama Arba’if yang telah menemukan adanya kuburan keramat melalui mimpi dan berhadapan langsung secara zahir dengan seorang yang memakai sorban warna putih, berjubah warna kuning muda, dan berpayung warna putih.
"Pertemuan pertama dan kedua melalui mimp, pertemuan ketiga langsung secara zahir," jelasnya, Senin (25/3/2019).
Menurut cerita dari Arba’if itu, Kepala Dusun melanjutkan, pada pertemuan ketiga inilah mereka saling berkenalan dan ternyata yang menemuinya tersebut bernama Datuk Niang Talib Al-Ghaib.
Beliau berpesan tidak minta diarwahi juga di hauli, hanya saja dia minta dihargai serta dipelihara.
Lalu, urainya lagi, Arba’if mencari bukti tentang kejadian yang dialaminya dengan bertanya kepada para habib dan guru-guru besar tentang silsilah siapa sebenarnya Datuk Niang Talib Al-Ghaib tersebut.
Menurut keterangan yang Ia dapatkan dari para Ulama ternyata Datuk Niang Talib Al-Ghaib adalah murid Datuk Suban yang ke-3 dari 13 murid.
Dari silsilah beliau adalah seorang pejuang melawan penjajah Belanda pada abad ke-18, dan beliau berketurunan  dari Rantau dan Kandangan. Selain pejuang, beliau juga ulama.
Berdasarkan pengakuan beliau kepada Arba’if, zahir dan wafatnya beliu terletak di pinggir Sungai Lukut yang berada di wilayah Dusun Muara Puning, Desa Teluk Timbau Kecamatan Dusun Hilir Kabupaten Barsel.
Lebih lanjut, menurut firasat dan sejarah dari Datuk Suban yang ditemukan oleh Arba’if dan keterangan dari beberapa ulama bahwa Datuk Niang Talib Al-Ghaib adalah seorang keramat besar.[ali]
loading...
TAG