Panwascam Juga Diminta Awasi KPPS dan PPK

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Selain proses pelaksanaan tahapan Pemilu, Panwascam (panitia pengawas kecamatan) juga diminta melakukan pengawasan terhadap penyelenggara dalam hal ini kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).
"Dalam Pemilu ini pengawasan dilakukan tidak hanya pada proses tahapan, tapi pengawasan juga pada penyelenggaranya," kata Satriadi, Ketua Bawaslu Kalteng, saat menghadiri Rekernis Pengawasan Pemilu di Hotel Walet Mas, Jalan A Yani Kuala Kapuas, Sabtu (30/3/2019).
Serangan fajar dari calon tertentu merupakan modus operandi lama. Modus  lain yang dikhawatirkan jika petugas KPPS dan PPK dilibatkan, atau dijatahi nominal rupiah.
"Misalkan dipesan titipan suara, Panwascam jangan ragu mengambil tindakan di lapangan sepanjang sesuai aturan berlaku," bebernya.
Dilanjutkanya, Panwascam (Panitia pengawas kecamatan) dituntut wajib memiliki integritas, menjaga netralitas yang tinggi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam mengawal proses tahapan Pemilu 2019 ini.
Ketegasan pengawas dibutuhkan, dan harus menjalin berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten dan pihak keamanan.
"Karena kita bekerja berdasarkan amanat undang-undang dan dilindungi negara," pungkasnya.[zulkifli].
loading...
TAG