Layani Arus Balik Jemaah Haul Guru Sekumpul, Polda Kalteng Siapkan 20 Rest Area

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Haul ke-14 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau lebih familier dengan sebutan Guru Sekumpul, Minggu (10/3/2019) lalu, tidak hanya dihadiri oleh umat Islam Kalimantan Selatan (Kalsel), tapi juga dihadiri oleh umat Islam Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara) bahkan dari luar Kalimantan dan luar negeri.

Jemaah haul yang berasal dari Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat sendiri diperkirakan berjumlah ratusan bahkan ribuan orang.
Menyikapi hal tersebut, Polda Kalteng bersama Polres jajaran mendirikan rest area untuk arus balik jemaah haul dari Kalteng dan Kalbar yang melintasi wilayah Kalteng.
Kapolda Kalteng, Irjen Pol Drs Anang Revandoko melalui Kabidhumas, Kombes Pol Hendra Rochmawan SIK MH mengungkapkan, pihaknya menyiapkan 20 rest area yang tersebar di sembilan kabupaten dan satu kota, Selasa (12/3/2019).
"Hal ini kami lakukan sebagai wujud kehadiran negara dalam masyarakat dan bentuk kepedulian aparat kepolisian kepada pengguna jalan, khususnya kepada jamaah haul yang sedang melakukan perjalanan jauh sehingga saudara-saudara kita tersebut membutuhkan waktu istirahat di dalam perjalanan," ucapnya.
Hendra menambahkan, di setiap rest area pihaknya sudah menyiapkan tempat istirahat, makanan dan minuman gratis serta tenaga medis yang siap melayani jamaah 24 jam.
"Saya mengimbau kepada masyarakat khususnya jemaah haul, untuk singgah di rest area yang sudah kami siapkan. Hal ini untuk mencegah kecelakaan lalu lintas, karena berkendara dalam keadaan capek dan ngantuk sangat rawan terjadinya kecelakaan," imbaunya.
Untuk diketahui, 20 rest area yang didirikan Polda Kalteng bersama Polres jajarannya, yakni di Kabupaten Kapuas empat rest area, Pulang Pisau dua rest area, Palangka Raya tiga rest area, Katingan satu rest area, Kotawaringin Timur satu rest area, Lamandau satu rest area, Sukamara satu rest area, Barito Timur lima rest area, Barito Selatan satu rest area dan Barito Utara satu rest area.[kenedy]
loading...
TAG