Lautan Kaum Muslimin Banjiri Puncak Haul Guru Sekumpul

Print Friendly and PDF
MARTAPURA - Jutaan kaum muslimin dari berbagai pelosok daerah di Kalimantan Selatan dan sekitarnya membanjiri kawasan Sekumpul Martapura, Kabupaten Banjar. Kepadatan jemaah bahkan terjadi dalam radius sekitar 1 kilometer hingga ke Jalan A. Yani, Minggu (10/3/2019).
Para jemaah yang bahkan dikabarkan datang dari luar Pulau Kalimantan hingga dari mancanegara ini mengupayakan hadir di Sekumpul untuk mengikuti prosesi puncak haul ke-14 ulama kharismatik Martapuara, KH Muhammad Zaini Ghani atau yang familier disebut Guru Sekumpul.
"Ya jalan ini sejak pagi sekitar jam 08.00 Wita tadi ditutup untuk kendaraan bermotor umum," kata M. Syafii, relawan Sekumpul posko bantu Panti Perdana.
Jalan poros A. Yani jalur arah hulu sungai - Banjarmasin digunakan jemaah menggelar sejadah, sedangkan jalur Banjarbaru - Hulu Sungai digunakan sebagai jalur evakuasi.
Sejak H-2 pelaksanaan puncak haul,
para jemaah dari berbagai penjuru
sudah memadati komplek Musola Ar-Raudah, kubah Sekumpul di Kota Martapura.
Sebelumnya perwakilan relawan dari posko Induk Sekumpul, Fauzan mengatakan, pada peringatan haul yang ke-14 ini berbeda dari sebelumnya, karena terjadi lonjakan jumlah jemaah.
"Estimasi jemaah pada tahun 2018 sekitar satu juta orang, melihat kepadatan yang ada bisa mencapai dua jutaan jemaah yang hadir," kata Fauzan.[zulkifli]
loading...
TAG