Kagum, Suasana Haul Guru Sekumpul Bak di Padang Arafah

Print Friendly and PDF
MARTAPURA - Jutaan umat muslim yang membajiri kawasan Sekumpul Martapura untuk memperingati haul ke-14 KH Zaini Abdul Ghani yang familier disebut Guru Izai atau Guru Sekumpul, juga mengundang decak kagum.
Bagaimana tidak, jutaan umat muslim tersebut bukan hanya datang dari pelosok Kalimantan, tapi juga dari sejumlah penjuru Nusantara bahkan hingga mancanegara.
Hamsiah, salah seorang jemaah asal Samarinda, Kalimantan Timur tampak kagum hingga memandang jika suasana haul Guru Sekumpul ini tak ubahnya bagaikan suasana wukuf di Padang Arafah, Arab Saudi.
"Luar biasa jemaahnya. Ini seperti sedang wukuf di Arafah ketika kita menjalankan ibadah haji," ucap Hamsiah, Minggu (10/3/2019) malam. 
Di haul ini, lanjutnya, para jemaah bercampur dan bergabung menjadi satu hingga mengisi lorong-lorong dan tenda-tenda penampungan. Bahkan penghuni-penghuni rumah warga sekitar komplek Sekumpul begitu ramah menerima dan melayani tamu di sekitar rumah mereka.
Hamsiah sangat berharap, dirinya bersama keluarga bisa kembali hadir di haul Guru Sekumpul edisi tahun-tahun berikutnya.

"Semoga tahun depan kami sekeluarga bisa hadir kembali di haul ini," tutupnya.[kenedy]

loading...
TAG