Ini Hasil Rakor terkait Rusaknya Jalan Lintas Pulang Pisau-Bahaur

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Sehubungan dengan rusaknya ruas jalan provinsi di Kabupaten Pulang Pisau, yaitu jalan lintas Gohong-Bahaur atau Pulang Pisau-Pangkoh. Pemkab Pulang Pisau bersama dinas terkait lainnya menggelar rapat koordinasi (rakor), guna percepatan perbaikan jalan tersebut.
Kegiatan yang berlangsung di ruang rapat kantor Bupati Pulang Pisau, Senin (11/3/2019), dihadiri Asisten II Setda Pulpis, Tiswanda, Kadis PUPR Pulpis, Usis I Sangkai, Kadis Perhubungan Pulpis, John Oktoberiman, pihak Dinas PUPR Provinsi, Rama Gunawan, Dishub Provinsi, Andreas Palem S, dan pihak Bappedalitbang Pulang Pisau yang diwakili Fahrial Anchar serta Bappedalitbang Provinsi Kalteng, diwakili Sayuti.
Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo melalui Kadis PUPR Pulpis, Usis I Sangkai mengatakan, terkait perbaikan titik jalan yang rusak itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Provinsi Kalteng.
"Kita sudah melakukan upaya penanganan awal untuk memperbaiki jalan agar bisa dilewati para pengendara. Kita dari PUPR Pulpis membantu peralatan alat berat untuk menangani jalan rusak yang dimaksud," kata Usis begitu sapaan akrabnya kepada wartawan media ini, Senin (11/3/2019).
Dilanjutkan Usis, mengingat ruas jalan Pulang Pisau - Bahaur ini merupakan jalan strategis, dimana ruas jalan tersebut merupakan jalan menuju pelabuhan feri penyeberangan antar pulau, yaitu Lamongan-Bahaur atau Paciran-Pulang Pisau.
"Jadi, dengan itu, kita perlu kerjasama dan saling koordinasi antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah provinsi, dan untuk perbaikan sudah dimulai kegiatan pemeliharaan jalan oleh Dinas PUPR Provinsi Kalteng bersama Dinas PUPR Kabupaten Pulpis dengan membantu menyiapkan alat berat berupa Grader dan Vibro," terang Usis.
Sementara pada kesempatan yang sama, Kadis Perhubungan Pulang Pisau, John Oktoberiman menyampaikan bahwa dengan adanya kerusakan sejumlah titik di ruas jalan Pulang Pisau-Bahaur, ini maka fungsional kapal feri penyeberangan antar pulau terganggu sehingga menyebabkan minimnya penumpang.
"Kita juga sudah sama-sama berkoordinasi dengan pihak Dishub Provinsi Kalteng, agar terus melakukan peningkatan ruas jalan tersebut, agar fungsional kapal Lamongan-Bahaur tidak terganggu," kata John begitu biasa disapa.
Ia juga menjelaskan, dengan adanya rakor oleh pihak terkait dalam penanganan perbaikan jalan lintas Pulang Pisau-Bahaur ini, sesuai dengan hasil rakor maka Dishub Provinsi Kalteng akan memasang portal, agar ketinggian truk yang melintas di jalan tersebut tidak melebihi standar aturan yang berlaku.
"Dishub provinsi juga bekerjasama dengan Dishub Pulpis untuk memonitoring truk yang melintas di ruas jalan itu, juga akan mensosialisasikan tonase muatan yang diijinkan sesuai beban dan karakter jalan. Kita juga terus mengimbau agar muatan tidak melebihi kapasitas yang ada," tutur John mengatakan.
Selain itu, pihaknya juga berharap agar jalan strategis itu dapat fungsional, sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan, dan masyarakat dapat meningkatkan perekonomian mereka.[manan]
loading...
TAG