Ini Aturan Iklan Kampanye di Media Massa Bagi Peserta Pemilu 2019

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Perhelatan Pemilu 2019 kini sudah memasuki masa kampanye. Kendati demikian, untuk kampanye di media massa sudah ada regulasi tersendiri.
Peserta Pemilu diberi waktu 21 hari untuk melakukan iklan kampanye di media massa baik itu cetak, elektonik hingga media dalam jaringan.
Terdapat beberapa aturan terkait iklan kampanye tersebut. Aturan ini tercantum dalam Peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2018  Sebagaimana telah diubah menjadi PKPU nomor 28 tahun 2018 tentang kampanye pemilihan umum.
Dilihat materi iklan kampanye tersebut berisi visi, misi, dan program peserta pemilu.
Nantinya materi iklan kampanye tersebut dapat dimuat berupa tulisan, gambar, hingga suara. Selain itu, KPU membatasi banyak dan durasi iklan kampanye tersebut.
Tak hanya itu, peserta pemilu juga dilarang memasang iklan kampanye dalam bentuk tayangan atau penulisan berbentuk berita. Iklan kampanye ini baru dapat dilakukan pada 24 Maret 2019.
"Iklan kampanye di media massa mulai 24 Maret 2019 sampai 13 April 2019," ucap Muntiara, komisioner KPU Kapuas, Selasa (5/3/2019) dikonfirmasi di Kantor KPU, Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas.
Yang perlu diketahui menurut Muntiara, bahwa iklan kampanye di media massa ini untuk peserta Pemilu, bukan bagi Caleg perorangan, mengingat Caleg merupakan bagian dari Partai politik yang merupakan peserta Pemilu.[zulkifli]
loading...
TAG