Gelar Sosialisasi HAM, Pemkab Pulpis Janjikan Fasilitas Publik Disabilitas

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) menggelar sosialisasi hak asasi manusia (HAM), Rabu (6/3/2019). Kegiatan dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Pulang Pisau Susilo I Tamin mewakili Bupati Pulpis H Edy Pratowo.
Dikutip dari sambutan Bupati Pulpis yang dibacakan Asisten I Setda Pulpis, Susilo I Tamin mengatakan hak asasi manusia merupakan hak dasar yang secara kodrati melekat pada setiap manusia.
"HAM bersifat universal dan langgeng, karena itu harus dihormati, dimajukan, dipenuhi, dilindungi dan ditegakkan," ucapnya saat dikonfirmasi wartawan media ini, Kamis (7/3/2019).
Menurutnya tugas penghormatan, pemajuan, pemenuhan dan perlindungan serta penegakan hak asasi manusia sangat diperlukan partisipasi masyarakat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 71 dan Pasal 100 UU No 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia.
Ia juga mengatakan sosialisasi hak asasi manusia yang digelar itu untuk memasyarakatkan dan membudayakan HAM di tengah masyarakat.
"Dalam rangka perlindungan dan penegakan hak asasi manusia, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau telah dan akan membudayakan HAM di tengah masyarakat dengan cara mengelar sosialisasi yang bertemakan HAM secara berkala dan terus menerus," ungkapnya.
Susilo juga mengungkapkan pemerintah daerah akan memprogramkan pembangunan fasilitas publik yang ramah bagi kaum disabilitas, sehingga terwujud kota Pulang Pisau yang ramah bagi kaum difabel.
"Kami akan meningkatkan perlindungan bagi kelompok rentan dan kaum termarjinalkan melalui upaya perlindungan secara terpadu, terarah, berkesinambungan dan menyeluruh," tutupnya.
Hadir dalam kegiatan itu Kepala Bagian Hukum Setda Pulang Pisau, Supriyadi, Ketua DPRD Pulang Pisau Maruadi, Wakapolres Pulang Pisau Kompol Endro Aribowo, dan narasumber dari Kantor Wilayah Hukum dan HAM Kalteng.[manan]
loading...
TAG