Bawaslu Pulpis Gelar Sosialisasi Bersama OMS dan Media

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Untuk memaksimalkan pengawasan pada Pemilu 2019, Bawaslu Kabupaten Pulang Pisau menggelar sosialisasi pengembangan pengawasan Pemilu kepada Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dan media massa di Aula Bappedalitbang kabupaten setempat, Jumat (15/3/2019).
Sosialisasi ini juga digelar sebagai upaya membangun dan meningkatkan hubungan antarlembaga, serta memaksimalkan pengawasan dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres yang akan dihadapi ini.
Sebagai pembicara di antaranya Asisten I Setda Pulpis, Susilo I Tamin, Koordinator bidang hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Pulpis, Hepro, Kobid pengawasan humas dan hubungan antar lembaga, Roby Hudin, dan Ketua Bawaslu Pulpis sendiri, Ubeng Itun.
Dikatakan Ubeng, bahwa peserta yang terlibat dalam kegiatan sosialisasi ini dari organisasi masyarakat sipil (OMS). Di antaranya, pelajar, mahasiswa, OKP, tokoh masyarakat, dan awak media.
"Tujuan digelarnya kegiatan ini guna mengajak masyarakat terlibat langsung dalam pengawasan pemilu 2019 dan mencegah pelanggaran di tengah masyarakat," ucap Ubeng pada kesempatan itu.
Menurut Ubeng, pemetaan potensi pelanggaran pemilu di Pulang Pisau harus mulai dilakukan dari sekarang. Tertuama perlu adanya diantisipasi keterlibatan aparatur negara, seperti keterlibatan ASN dalam pemilu. 
"Kita tentunya mengingatkan para aparatur negara atau ASN agar tetap menjaga netralitasnya dalam pelaksanaan Pemilu 2019 ini, aturan ASN sudah ada. Bagi seluruh masyarakat juga kita harapkan agar ikut mengawasi supaya pemilu kita berjalan jujur, adil dan bermartabat," tuturnya.
"Salah satu keterlibatan ASN yang dapat kita tindak ialah turun langsung kelapangan untuk mempromosikan atau ikut mengkampanyekan salah satu calon yang didukungnya, bila yang melihat itu maka laporkan saja ke Bawaslu," imbuhnya.[manan]
loading...
TAG