Antisipasi Rabies, Distan Kapuas Lakukan Vaksin

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Guna mengantisipasi rabies, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kapuas melalui Bidang Peternakan melakukan vaksin bagi hewan peliharaan.
Vaksinasi perdana di tahun 2019, dimulai Senin (4/3/2019). Kegiatan ini menyasar wilayah Kecamatan Basarang
Kepala Distan Kapuas, Anjono Bhakti melalui Kasi Kesehatan Hewan, drh Anik Ariswandani mengatakan, pihaknya pada hari pertama telah melakukan vaksinasi rabies di Desa Lunuk Ramba.
"Untuk Desa Lunuk Ramba kemaren yang sudah tervaksinasi rabies ada sebanyak 79 ekor anjing dan 8 ekor kucing," ucap Anik.
Selanjutnya, Distan akan melakukan kegiatan serupa menyasar Desa Basungkai, Desa Maluen dan Desa Tambun Raya di wilayah Kecamatan Basarang tersebut.
"Sesuai dengan jadwal akan mengunjungi tiga desa tersebut untuk melakukan vaksin," imbuhnya.
Distan mengharapkan kerjasama yang baik dengan masyarakat, khususnya bagi yang memelihara hewan seperti anjing, kucing dan kera agar bisa melakukan vaksin yang dilaksanakan Dinas Pertanian Kapuas, mengingat vaksinasi ini gratis.
Salah satu kendala bagi petugas dalam melakukan vaksin menurut Anik, yaitu pemilik hewan tidak berada di tempat ketika hendak dilakukan vaksin.
"Jadi memang kadang kita terbentur dengan tidak ada tuan rumah, selain itu jarak rumah yang berjauhan" ungkapnya.
Untuk meminimalisir hal itu, Distan meminta bantuan pemerintah setempat, agar bisa mengumumkan pada warga jika akan dilaksanakan vaksin.[zulkifli]
loading...
TAG