3M Plus Diklaim Efektif Turunkan Kasus DBD

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Setiap tahunnya, memasuki musim penghujan wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti cukup meningkat. Hal itu tentunya menjadi perhatian bersama.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo, serangan nyamuk demam berdarah, biasanya terjadi pada musim penghujan. Sehingga dalam penanganannya sangat perlu keterlibatan masyarakat dalam upaya menekan kasus DBD.
"Oleh karenanya program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus perlu terus dilakukan secara berkelanjutan sepanjang tahun, khususnya pada musim penghujan," katanya kepada wartawan media ini, Sabtu (9/3/2019).
Dijelaskannya, dalam Program PSN itu akan diingatkan tentang 3M plus, yaitu Menguras, adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, serta tempat lainnya yang dapat menampung air.
Selanjutnya, Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya.
Sedangkan, Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah, sebagai program ketiga.
"Jadi, yang dimaksud dengan 3M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti, Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, dan menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk," terangnya.
Ditambahkan dr Mul begitu sapaan akrabnya, menggunakan kelambu saat tidur, juga masuk bagian dari 3M plus. Upaya lainnya dengan menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.
"Sehingga kita harapkan peran serta masyarakat dalam menekan penyebaran nyamuk aedes ini. Dengan cara 3M tentunya sangat efektif dalam memberantas perkembangbiakannya. Fogging juga salah satu cara efektif lainnya, namun masih tak seefektif dari 3M plus," tutup dr Mul.[manan]
loading...
TAG