30 Siswa SMAN I Jabiren Raya Ikuti Sosialisasi Persiapan Karhutla

Print Friendly and PDF
PULANG PISAU - Sebanyak 30 siswa-siswi SMAN I Jabiren Raya, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Sabtu (9/3/2019) mengikuti kegiatan sosialisasi Karhutla yang diselenggarakan oleh pihak Polsek Jabiren Raya bekerjasama dengan Manggala Agni Daops II Kapuas dan Pulang Pisau.
Adapun bentuk kegiatan dari sosialisasi tersebut, ialah memberikan sosialisasi mitigasi bencana alam yang sering terjadi di wilayah  Kalimantan Tengah (Kalteng), khususnya bencana kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.
"Sedikitnya dalam kegiatan sosialisasi ini diikuti sebanyak 30 siswa-siswi dari SMAN I Jabiren Raya," kata Kapolsek Jabiren, Iptu Junedinoto, menyampaikan kepada wartawan.
Menurutnya, sosialisasi ini ialah upaya membuat persiapan sebelum terjadinya bencana. Karena menurut Undang-Undang tentang penanggulangan Bencana, lanjutnya, mitigasi sendiri adalah suatu rangkaian upaya yang dilakukan untuk meminimalisir risiko dan dampak bencana, baik melalui pembangunan infrastruktur maupun memberikan kesadaran dan kemampuan dalam menghadapi bencana.
"Pada dasarnya mitigasi dilaksanakan untuk menghadapi berbagai jenis bencana, baik itu bencana alam maupun bencana akibat ulah tangan manusia sendiri. Intinya, tujuan utama mitigasi adalah untuk mengurangi atau bahkan meniadakan risiko dan dampak bencana," terang Kapolsek dengan cukup singkat.[manan]
loading...
TAG