World Radio Day Momen Menjawab Tantangan Radio di Era Digitalisasi

Print Friendly and PDF
PALANGKA RAYA - Dialog Kalteng Menyapa kembali mengudara di Radio Republik Indonesia (RRI) Palangka Raya Kalimantan Tengah (Kalteng), Rabu (13/2/2019).
Bertema; Perdamaian dan Toleransi, dialog kali ini menghadirkan beberapa narasumber, di antaranya Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo Kalteng, Baryen ST, M.Eng, Praktisi Komunikasi dan Penyiaran, Srie Rosmilawati M.I.Kom, Aliah S Muntasya salah satu penyiar radio Kalaweit. Dialog dipandu Aser Rihi Tugu SH MSi, Kabid Siaran RRI Palangka Raya.
Srie Rosmilawati berharap seluruh media penyiaran, khususnya seperti radio baik milik pemerintah ataupun swasta slalu berinovasi, adaptif, saling bekerjasama dengan dunia pendidikan sesuai dengan kemajuan teknologi digital melalui program-program siaran inovatif.
Tentu juga harus mampu memberikan manfaat besar dalam menyiarkan informasi yang mendidik ke generasi muda khususnya terkait isu yang sedang marak saat ini yaitu isu dlm dunia politik yg rentan akan HOAX unsur SARA dan lain sebagainya.
"Sehingga Radio juga dapat menjadi media kontrol pemersatu yang baik membawa kenyamanan untuk para pendengarnya," jelasnya.
Sebagai contoh, lanjutnya, termasuk seperti yang telah dilakukan RRI dengan program RRI Goes to Campus serta mengadakan dialog-dialog interaktif dengan melibatkan berbagai kalangan akademisi, praktisi komunikasi, praktisi penyiaran, pemerintah dan swasta.
Sementara, Baryen ST M.Eng, Kabid pengelolaan komunikasi publik Diskominfo Kalteng menuturkan, berkenaan dengan Hari Radio Sedunia ini, diharapkan semua elemen komunikasi secara umum dan radio khususnya untuk bisa menjalankan peran untuk menjadi kanal dialog dalam rangka menjaga toleransi untuk perdamaian. 
"Kita wujudkan bumi Kalimantan Tengah sebagi Huma Betang tanpa Hoaks untuk seluruh elemen masyarakat melalui gerakan Kalteng Bicara Baik," harapnya.
Senada, Aliah S Muntasya seorang penyiar radio Kalaweit juga berharap radio menjadi media yang didengar dan menginspirasi, terutama di kalangan pendengar muda.
Tak kalah penting, juga harus menginspirasi baik dari pendengar maupun pemerintah untuk dapat lebih bekerjasama dengan radio dalam menyampaikan pesan-pesan untuk menjaga tolerasi dan kesatuan bangsa.[kenedy]
loading...
TAG