Terjun ke Lapangan, Ini Sasaran Pemeriksaan BPK di Kapuas...!

Print Friendly and PDF
KUALA KAPUAS - Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK) Perwakilan Kalimantan Tengah, saat ini turun langsung di Kuala Kapuas melakukan audit terkait penggunaan dana-dana pendidikan yang disalurkan pemerintah terhadap sekolah penerima.
Pemeriksaan tim BPK meliputi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Program Indonesia Pintar (PIP), Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan, Dana Bantuan Pemerintah (Bantah) hingga dana Tata Kelola Sekolah (Taloka).
Dana-dana yang digelontorkan pemerintah pusat tersebut cukup tinggi jumlahnya. Pemerikasaan oleh tim BPK inipun akan dilakukan secara acak pada sejumlah sekolah yang ada di Kabupaten Kapuas.
"Tim BPK terjun ke sekolah-sekolah, sejak Sabtu, 9 Pebruari kemaren sudah melakukan pemeriksaan di sekolah," Kata Kadisdik Kabupaten Kapuas melalui M Hassan, Kabid Pembinaan SD, Selasa (12/2/2019) membenarkan adanya pemeriksaan tersebut.
Kepada seluruh kepala SD dan SMP, lanjutnya, agar mempersiapkan semua administrasi barang, administrasi keuangan terkait hal tersebut.
"Karena kita tidak tahu sekolah mana saja yang akan dikunjungi tim BPK," ucap M Hassan.
Dinas Pendidikan sendiri sudah menyampaikan instruksi kepada semua kepala sekolah, agar mengumpulkan daftar rekening yang dimiliki sekolah, beserta keterangan penggunaannya.
Sebelumnya pihak Disdik Kapuas selalu mengingatkan sekolah dalam penggunan dana dari pusat tersebut.
"Agar penggunaan dana-dana tersebut  menggunakan asas kehati-hatian, laporan pertanggungjawaban dana harus tuntas dan bisa dipertanggungjawabkan " pungkasnya.[zulkifli]
loading...
TAG